4 Jenis Freon AC, Kalian Tahu Ga?

Post, 21 Desember 2023

View: 
149

Kalian tau ga sih, ternyata freon AC adalah komponen krusial yang berperan untuk menjaga suhu di dalam kabin supaya tetap nyaman. Selain itu, freon AC juga memiliki kaitannya dengan efisiensi dan kinerja sistem pendingin pada mobil.

Jadi, untuk kalian penting memperhatikan kondisi freon AC mobil ya. Karena memilih jenis freon tidak boleh asal begitu saja, supaya tidak berdampak buruk pada performa mesin kalian. 

Ini dia jenis-jenis freon AC yang bisa kalian gunakan:

1. Freon R-12

Biasa dikenal juga dengan dichlorodifluoromethane (CFC-12) , dahulu freon jenis ini adalah satu-satunya pendingin untuk mobil, sampai dengan perkembangan zaman freon ini tidak lagi digunakan karena memiliki dampak buruk ada lapisan ozon.

Meski dahulu menjadi pilihan utama sebagai pendingin mobil, freon jenis R-12 sekarang tidak lagi digunakan dan sudah berakhir ke freon yang lebih ramah lingkungan.

2. Freon R-134a 

Freon R-134a atau 1,1,1,2-tetrafluoroethane, merupakan peralihan dari freon R-12, hal ini untuk menanggapi dampak lingkungan dari freon sebelumnya. Freon ini tidak memiliki kandungan klorin, jadi tidak berdampak merusak lapisan ozon.

Meski dampak terhadap lingkungannya tidak parah, namun performa tidak setinggi dari freon R-12, tapi untuk freon jenis R-134a tetap memberikan pendinginan yang baik. Sehingga sekarang ini produsen mobil sudah beralih ke freon ini dengan upaya untuk mendukung pelestarian lingkungan.

3. Freon R-22

Freon R-22, atau HCFC-22 juga pernah populer di kalangan freon, namun efek yang ditimbulkan oleh freon ini mirip dengan jenis yang pertama yaitu R-12. efek freon R-22 juga berdampak buruk pada lapisan ozon yang semakin menipis.

Sehingga produksi freon jenis R-22 perlahan mulai dilarang dan akan beralih pada freon yang lebih ramah lingkungan.

4. R1234YF

R1234YF merupakan jenis freon yang menjadi pemecah masalah untuk menipisnya lapisan ozon. Freon ini dinilai menjadi alternatif yang mulai di kembangkan, karena dari segi performa juga tidak kalah saing dengan jenis lainnya. Meski belum digunakan untuk industri otomotif, namun jenis freon ini nampaknya memiliki potensi yang baik untuk menjaga lingkungan

Gimana menurut kalian? 

Jika kalian butuh pertolongan atau ingin melakukan perawatan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor