5 Komponen Yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Hujan!

Post, 16 Februari 2023

View: 
148

Bukan hanya cara mengemudi saja, tetapi beberapa komponen di mobil perlu diperhatikan selama hujan untuk menghindari terjadinya kecelakaan, supaya perjalanan tetap aman dan nyaman. Lalu bagian mana saja yang perlu dicek selama musim hujan? Cek komponennya di bawah! 

  1. Ban Mobil

Ban merupakan bagian yang langsung bersentuhan dengan aspal saat mobil berjalan. Apalagi saat musim hujan, jalan basah pasti akan jadi licin, sehingga ban membutuhkan grip yang baik terhadap jalan supaya tidak tergelincir. 

Saat musim hujan kondisi ban yang perlu diperiksa, seperti tekanan angin, sisi ban apakah sudah aus atau belum, jika sudah aus segera ganti supaya tidak mudah tergelincir. 

  1. Rem

Selanjutnya masuk di area ban. Kalian perlu memeriksa bagian rem mobil, terlebih saat musim hujan butuh pengereman yang pakem karena rem adalah salah satu komponen krusial pada musim hujan. Saat musim hujan pula, komponen ini rawan rusak karena sering terkena cipratan air, sehingga perlu benar-benar diperhatikat supaya sistem pengeram berfungsi dengan baik. Kalian perlu mengecek saat sudah muncul beberapa gejala seperti ada suara decitan maupun getaran saat menginjak rem. 

  1. Wiper

Komponen lain yang penting adalah wiper, berfungsi untuk menjaga visibilitas pengemudi selama hujan turun. Karena saat visibilitas pengemudi terbatas di saat jalanan hujan bisa berakibat fatal. Pemilik mobil perlu memperhatikan komponen ini supaya kinerjanya tetap maksimal, selalu lakukan pengecekan. Saat karet wiper mulai mengeras atau berjamur maka kalian perlu menggantinya.

  1. AC

Komponen AC juga harus diperhatikan sebelum mengemudi saat musim hujan. AC juga bisa berhubungan dengan visibilitas pengemudi, usahakan atur AC supaya kaca mobil tidak berembun, apalagi jika mobil belum dilengkapi fitur defogger. 

  1. Lampu Mobil

Komponen lampu juga perlu kalian perhatikan saat musim hujan karena berkaitan dengan visibilitas pengemudi juga. Kalian memerlukan komponen ini saat hujan deras atau jalanan yang berkabut supaya kalian masih bisa melihat jalan meski samar-samar.Jangan sampai lampu mobil mati karena bisa membahayakan pengemudi maupun orang disekitar. Lampu menjadi bagian wajib diperiksa untuk menjaga pandangan pengemudi. 

Kalian bisa lakukan pengecekan atau perawatan mobil selama musim hujan dengan datang langsung ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian.

 

Source: hondaoutsidejava.co.id

@copyright PT Prospect Motor