All New Honda Civic Type R Meluncur di Indonesia, Civic Tercepat Yang Pernah Dibuat

Post, 31 Maret 2023

View: 
236

Jakarta, 30 Maret 2023 – PT Honda Prospect Motor (HPM) secara  resmi meluncurkan generasi terbaru mobil sport All New Honda Civic Type R tanggal 30 Maret 2023 di Jakarta. Dengan desain agresif yang semakin aerodinamis dan mesin dengan tenaga terbesar, All New Honda Civic Type R menjadi model Civic tercepat yang pernah dibuat Honda.

Varian Type R adalah jenis mobil Honda yang dirancang dengan inspirasi dari sebuah mobil balap. Varian ini pertama kali diperkenalkan untuk Honda NSX pada tahun 1992 sebagai sebuah mobil sport Honda yang berfokus pada kecepatan dan kesenangan dalam berkendara yang luar biasa dari sebuah mobil balap. Setelah itu, varian Type R juga pernah hadir untuk model-model seperti Honda Integra dan Honda  Accord. Honda Civic sendiri pertama kali memiliki varian Type R pada tahun 1997, dan pada saat ini sudah memasuki generasi yang ke-6.

Berbeda dengan varian Honda lainnya, setiap varian Type memiliki emblem logo Honda berwarna merah yang sebelumnya hanya digunakan pada mobil balap Honda yang turun dalam sebuah kejuaraan balap. Tak hanya itu, untuk semakin menegaskan karakternya sebagai sebuah mobil sport, varian Type R juga memiliki warna eksklusif yaitu Championship White yang diwariskan dari mobil balap F1 Honda.

Generasi terbaru dari All New Honda Civic Type R pertama kali diluncurkan di Jepang pada bulan September 2022 dan langsung disambut dengan antusias oleh para penggemarnya di seluruh dunia. Pada tahun 2022 yang lalu, All New  Honda Civic Type R berhasil meraih penghargaan bergengsi yaitu Car of the Year Japan, Best Car to Buy dari Motor Authority, Majalah Top Gear sebagai Hot Hatch of the Year, dan penghargaan tertinggi sebagai Car of The Year.

All New Honda Civic Type R mengusung mesin 2.0 Liter VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal 319 PS, meningkat 9 PS dibandingkan generasi sebelumnya, dan torsi maksimum 420 Nm, meningkat 20 Nm dibandingkan generasi sebelumnya. Dengan tenaga mesin yang paling bertenaga, All New Honda Civic Type

R berhasil memecahkan rekor sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di sirkuit Suzuka, Jepang dengan mencatat Lap Time 2 menit 23.120 detik. Rekor ini mengalahkan rekor sebelumnya yang juga dipegang oleh Honda Civic Type R.

Tak hanya dari sisi performa, All New Civic Type R juga kini dilengkapi dengan berbagai teknologi baru yang semakin canggih, antaralain fitur LogR sebagai panduan berkendara yang dapat diatur secara personal dan berfungsi untuk mencatat dan menganalisis catatan waktu pengemudi secara akurat. Pengalaman berkendara dengan All New Civic Type R juga semakin personal dengan fitur baru yaitu Individual Mode, yang dapat mengatur performa mesin sesuai dengan karakter pengemudi. Selain itu, untuk pertama kalinya fitur keselamatan Honda SENSING juga tersedia pada Civic Type R.

Kotaro Shimizu selaku President Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “All New Honda Civic Type R dikembangkan sebagai puncak dari mobil sport Honda yang mengusung karakter Pure Sport. Civic Type R pertama terinspirasi oleh  warisan Honda di trek balap dan dengan sempurna mewujudkan semangat DNA balap Honda. Kami sangat bangga membawa generasi terbaru dari Civic Type R Indonesia dan kami yakin model ini kembali juga akan disambut baik oleh para fans Honda di sini.”

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Honda Civic Type R memiliki fans yang sangat loyal di Indonesia, sekaligus menjadi kebanggaan bagi setiap pemilik mobil Honda karena memiliki mobil yang memiliki kesamaan DNA Sport dengan Civic Type R. Hari ini kami juga bangga menyerahkan 10 mobil pertama kepada konsumen All New Civic Type R, dan kami juga berusaha secepatnya mengirimkan unit-unit berikutnya  untuk memenuhi permintaan konsumen.”

Varian Type R merupakan inspirasi bagi Honda untuk mengembangkan berbagai varian yang juga memiliki kesamaan karakter sport. Di Indonesia, Honda memiliki varian RS yang mempunyai karakter “Everyday Sport” atau mobil sporty untuk penggunaan sehari-hari yang saat ini disematkan pada model Honda Brio RS, Honda City Hatchback RS, Honda Civic RS, Honda HR-V RS dan yang Honda WR-V RS.

All New Honda Civic Type R tersedia dalam 5 pilihan warna yaitu Championship White, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Sonic Gray Pearl dan warna terbaru Racing Blue Pearl. Mobil ini ditawarkan dengan harga Rp 1,399,000,000,- (harga yang tertera adalah harga on the road wilayah Jakarta untuk kepemilikan orang pertama tahun 2023).

 

Fitur Lengkap All New Honda Civic Type R

Eksterior Aerodinamis

Eksterior All New Honda Civic Type R tampil dengan tampilan yang sport serta agresif dengan Gloss Black Front Spoiler, Front Fender Outlet, Gloss Black Side Sill Garnish, Gloss Black Rear Spoiler, Gloss Black Rear Diffuser, Triple Outlet Exhaust with Active Exhaust Valve yang diposisikan di bagian belakang tengah mobil untuk menjaga aliran udara, dimana knalpot utama di kedua sisi menyalurkan udara dari mesin, sementara knalpot tengah berfungsi untuk mengendalikan sonic tone pada mesin.

Konsep desain bodi aerodinamis pada All New Honda Civic Type R ini memberikan keseimbangan saat bermanuver khususnya di lintasan balap. Lampu depan All New Honda Civic Type R menggunakan Full LED Headlights with LED Daytime Running Lights dan juga Rear LED Headlights, Auto Foldable Door Mirror with LED Turning Signal serta Rear Fog Light. Pada sisi samping, All New Honda Civic Type R menggunakan Alloy Wheel 19 inci berwarna Matte Black dipadu dengan ban berkarakter sport.

 

Interior Sporty

Pada sisi interior All New Honda Civic Type R mengembangkan desain yang memberi perasaan bergairah saat pengemudi masuk ke dalam mobil. Saat membuka pintu, pengemudi akan menemukan kursi serta karpet mobil berwarna merah yang mewah dan nyaman hingga ke kursi belakang. Area kokpit didominasi oleh warna hitam dan merah dengan desain dashboard yang sporty yang membuat pengemudi untuk fokus dalam berkendara.

All New Honda Civic Type R disematkan dengan plat nomor seri unik di setiap unitnya. Sehingga setiap kali duduk di dalam kokpit, akan diingatkan sebagai pemilik eksklusif All New Honda Civic Type R.

Desain speedometer All New Honda Civic Type R menggunakan 10,2” TFT dan didesain secara eksklusif dimana twin-meter menggunakan jarum warna kuning yang menjadi ciri khas dari Type R.

Detail instrumen panel A/C All New Honda Civic Type R menggunakan pilihan serta corak warna Polarized gunmetal yang juga sangat kental dengan nuansa sport. Sementara itu, desain center console panel, tuas transmisi serta sports pedal All New Honda Civic Type R menggunakan bahan alumunium yang juga sangat kental dengan nuansa sport.

Desain jok All New Honda Civic Type R menggunakan Sport Bucket Seats with Red Suede Style Fabric berwarna vivid red. Kemudian desain roda kemudi menggunakan material Alcantara Steering Material dengan aksen merah. Selain itu terdapat juga Wireless Charging Front USB Port with Charging Function, Armrest with Cup Holder pada konsol tengah.

All New Honda Civic Type R menampilkan berbagai macam fungsi yang berbeda seperti G-Meter dan lap time recorder yang memudahkan pengendara untuk mengetahui kondisi mobil. Head unit dengan layar sentuh 9” pada All New Honda Civic Type R dapat digunakan untuk menikmati audio dalam berbagai format serta dapat terhubung dengan smartphone untuk menemani perjalanan dan mengakses fitur Data LogR. Sama seperti Civic Type R sebelumnya, mobil ini juga terdapat 8 speakers, Audio Steering Switch, Meter Cluster Steering Switch, Hands Free Telephone Switch, serta Dual Zone Auto A/C.

 

 Performa Berkendara

All New Honda Civic Type R generasi terbaru menggunakan mesin 2.0 liter VTEC Turbocharged dengan tenaga maksimal 319 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 420 Nm pada 2.600 – 4.000 rpm. Tenaga Civic Type R disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan yang telah disempurnakan oleh Rev Match System sehingga

memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi. All New Honda Civic Type R mempunyai kecepatan maksimal hingga 272 km per jam dimana mobil ini mampu mencatatkan waktu 5,5 detik untuk mencapai kecepatan 100 km per jam.

All New Honda Civic Type R dilengkapi dengan adaptive  damper, suspensi depan Dual axis strut, suspensi belakang Multi-link rear, serta kemudi Dual Pinion EPS yang responsif dan stabil pada kecepatan tinggi. All New Honda Civic Type R memberikan kualitas serta pengalaman berkendara superior dengan performa yang luar biasa.

Masih sama dengan sebelumnya, mobil ini juga menggunakan Dual Pinion Variable- ratio Electric Power-Assisted (EPS) Rack and Pinion Steering serta menghadirkan empat mode berkendara yaitu Comfort, Sport, +R, hingga Individual yang dapat disesuaikan dengan keinginan serta karakter berkendara pengemudinya. All New Civic Type R telah menggunakan Honda Smart Key Card.

All New Civic Type R kini memiliki fitur Honda LogR Datalogger System sebagai panduan berkendara yang juga dapat diatur secara personal dan berfungsi untuk mencatat dan menganalisis catatan waktu pengemudi secara akurat. Fitur ini juga dapat memberikan panduan serta data informasi yang akurat bagi pengemudi ketika berkendara di atas lintasan sirkuit seperti Gear Position Display, Tachometer, G-Meter, Boost Pressure, Brake Pressure hingga Tire Friction Circle.

Mobil ini memiliki empat mode berkendara yaitu Comfort, Sport, +R dan Individual. Layar akan tampil eksklusif dengan sentuhan warna merah untuk +R mode dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih sporty saat berada di dalam kabin yang sudah dilengkapi oleh LED Interior & Map Light. Layar TFT menampilkan beragam informasi sesuai dengan preferensi pengguna seperti suhu pada pendingin mesin, suhu pada oli mesin, steering angle, tekanan pada rem, yaw rate dan lainnya. Mode berkendara Individual berguna untuk memudahkan pengemudi dalam mengatur performa mobil agar sesuai dengan selera dan keinginan dalam menerjang lintasan.

 

Fitur Keselamatan

All New Honda Civic Type R telah dilengkapi dengan 8 Airbags yang terdiri Dual Front SRS Airbags, Side Airbags, Side Curtain Airbag dan Knee Airbags. All New Honda Civic Type R memiliki Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Rain Sensing Front Wipers, Walk Away Auto Lock, Auto Door Lock by Speed, Smart Key, Smart Entry System dengan Push Start Stop Button, Electric Parking Brake serta Auto Brake Hold. Sistem pengereman All New Honda Civic Type R menggunakan piranti pengereman berkarakter sport serta dilengkapi teknologi Anti-Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). All New Honda Civic Type R juga telah memiliki Driver Attention Monitor, Rear Seat Reminder, dan Second Row Seat Belt Reminder.

Teknologi keselamatan Honda Sensing juga tersedia pada generasi terbaru dari All New Honda Civic Type R berupa Collision Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation (RDM) System, Forward Collision Warning (FCW) System, Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keeping Assist System (LKAS), Lead Car Departure Notification System (LCDN) serta Auto High Beam Headlights (AHB).

@copyright PT Prospect Motor