Begini Cara Memilih Oli yang Sesuai dengan Mobil Kalian!

Post, 04 Oktober 2023

View: 
314

Cairan oli yang digunakan untuk mobil memiliki fungsi supaya komponen pada mesin tidak saling berbenturan atau bergesekan secara langsung. Dengan adanya oli maka mesin dapat bekerja dengan baik, sehingga perlu bagi kalian memilih oli mobil yang tepat supaya mobil tetap sehat dan nyaman saat digunakan.

Perlunya perawatan oli mobil karena dengan seiring pemakaian, oli mobil terkena residu dari hasil proses pembakaran seperti serpihan metal akibat gesekan antar komponen di mesin. Adapun beberapa tips untuk kalian memilih oli mesin yang baik adalah sebagai berikut:

Karakter Mesin, hal pertama yang perlu kalian ketahui adalah karakter mesin, kalian bisa dapatkan informasi dari buku manual saat pertama kali mobil dikirim. Selain informasi mengenai mesin, di dalam buku tersebut juga tertera informasi mengenai rekomendasi spesifikasi oli yang bisa kalian gunakan. Perlu diperhatikan dengan baik ya Sobat Honda, bahwa menggunakan mesin yang baik bisa berdampak pada kenyamanan saat berkendara loh.

Kekentalan Oli, perlu kalian ketahui jenis kekentalan mobil karena setiap mobil memiliki spesifikasi yang beda-beda. Kekentalan oli ini kalian bisa temukan melalui nomor Society of Automotive Engineer (SAE). Biasanya oli yang memiliki kekentalan tinggi maka akan semakin besar kode SAEnya. Seperti SAE 20W-50 akan lebih kental dibandingkan SAE 10W-40.

Nah Honda sendiri memiliki Honda Automobile Oil atau HAO, yaitu oli mesin yang memang dirancang khusus untuk mobil-mobil Honda supaya dapat menghasilkan efisiensi bahan bakar serta performa yang baik. Adapun 4 varian Oli yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

  • Honda Automobile Oil E-Pro Green (10W-30)

Oli Mesin HAO Green diciptakan dengan harga yang kompetitif, sehingga cocok bagi kalian yang menginginkan harga perawatan lebih hemat, namun tetap menginginkan performa yang baik.

  • Honda Automobile Oil E-Pro Blue (5W-30)

Oli Mesin HAO Blue diciptakan untuk performa mesin dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik daripada varian sebelumnya.

  • Honda Automobile Oil E-Pro Gold (0W-20)

Dengan viskositas yang paling rendah dibandingkan 2 varian sebelumnya, Oli Mesin HAO Gold merupakan "Best Performance Oil" yang menghasilkan performa serta efisiensi bahan bakar terbaik bagi mobil Honda.

  • Honda Automobile Oil E-Pro Turbo (0W-20)

Varian ini dirancang khusus bagi mobil Honda dengan mesin yang telah dilengkapi dengan teknologi Turbo Charge, sehingga Oli Mesin HAO Turbo sangat cocok untuk mobil seperti All New Honda Civic Turbo, All New Honda CR-V Turbo, All New HR-V RS with HS serta New Honda Accord Turbo.

Dan itulah tips memilih oli yang sesuai dengan mobil kalian ya Sobat Honda!. Jika kalian membutuhkan bantuan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

 

@copyright PT Prospect Motor