BIAYANYA MAHAL! HINDARI TURUN MESIN MOBIL DENGAN TIPS INI!

Post, 04 Juli 2024

View: 
31

Turun mesin terjadi ketika komponen-komponen vital pada mesin mengalami kerusakan parah dan tidak dapat diperbaiki. Hal ini tentu akan memakan biaya yang besar dan mengganggu aktivitas Anda.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips-tips yang dapat membantu Anda menghindari turun mesin mobil:

baca juga: ODOL BISA HILANGKAN BARET MOBIL? CEK FAKTANYA!

1. Lakukan Perawatan Berkala Secara Rutin:

Perawatan berkala merupakan kunci utama untuk menjaga kesehatan mesin mobil. Lakukan servis rutin ke bengkel resmi atau terpercaya minimal setiap 6 bulan sekali. Pada saat servis, mekanik akan memeriksa kondisi mesin secara menyeluruh, mengganti oli mesin dan filter oli, serta melakukan tune-up untuk memastikan mesin bekerja dengan optimal.

2. Gunakan Oli Mesin Berkualitas:

Oli mesin memiliki peran penting dalam melumasi dan melindungi komponen-komponen mesin dari gesekan. Gunakan oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda dan ganti oli secara berkala sesuai dengan anjuran pabrikan. Hindari menggunakan oli mesin yang sudah kadaluarsa atau tidak sesuai dengan spesifikasi.

3. Pantau Kondisi Air Radiator:

Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin. Pastikan air radiator selalu terisi penuh dan tidak bercampur dengan oli mesin. Periksa kondisi radiator secara berkala dan bersihkan jika diperlukan. Hindari menggunakan air radiator yang tidak berkualitas atau mengandung zat aditif yang berbahaya.

baca juga:

4. Hindari Membawa Beban Berlebih:

Membawa beban berlebih pada mobil dapat membuat mesin bekerja lebih keras dan meningkatkan risiko kerusakan. Hindari membawa barang yang melebihi kapasitas maksimal kendaraan Anda.

5. Mengemudi dengan Hati-hati:

Cara mengemudi yang agresif, seperti sering melakukan akselerasi dan pengereman mendadak, dapat memperpendek usia mesin. Berkendara dengan hati-hati dan hindari perilaku yang dapat merusak mesin.

6. Perhatikan Sinyal Peringatan:

Perhatikan sinyal-sinyal peringatan dari mobil, seperti lampu indikator mesin menyala, suara mesin yang tidak normal, atau asap knalpot yang berlebihan. Segera bawa mobil ke bengkel jika Anda menemukan tanda-tanda kerusakan.

7. Lakukan Perbaikan Segera:

Jika Anda menemukan kerusakan pada mobil, jangan tunda untuk segera memperbaikinya. Semakin lama kerusakan dibiarkan, semakin besar kemungkinan kerusakan akan semakin parah dan berakibat pada turun mesin.

Baca juga: RUMOR MENGGOYANG MOBIL BISA DAPAT BBM LEBIH BANYAK, LEBIH HEMAT?

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membantu menjaga kesehatan mesin mobil dan menghindari turun mesin yang merepotkan dan mahal.

Ingat: Merawat mobil dengan baik adalah investasi yang berharga untuk memastikan kendaraan Anda selalu dalam kondisi prima dan aman untuk digunakan.

@copyright PT Prospect Motor