Bukan Hiasan, Ini Fungsi Tombol Defogger di Mobil

Post, 25 Mei 2024

View: 
47

Apa itu Defogger?

Defogger adalah alat pemanas yang terdapat di kaca belakang mobil. Fungsinya untuk menghilangkan embun yang menempel pada kaca belakang saat cuaca dingin atau hujan. Embun pada kaca belakang dapat mengganggu visibilitas pengemudi, sehingga membahayakan keselamatan berkendara.

Bagaimana Cara Kerja Defogger?

Defogger bekerja dengan cara memanaskan elemen pemanas yang terdapat di balik kaca belakang. Elemen pemanas ini terbuat dari kawat tipis yang menghasilkan panas saat dialiri arus listrik. Panas dari elemen pemanas inilah yang membantu menguapkan embun pada kaca belakang.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Defogger?

Defogger biasanya diaktifkan dengan menekan tombol khusus yang terdapat di dashboard mobil. Tombol defogger biasanya memiliki simbol seperti kaca belakang dengan garis-garis yang melambangkan embun.

baca juga: Honda Pertahankan Posisi di Klasemen IndyCar Series Jelang Balapan Historis Indy 500

Kapan Defogger Digunakan?

Defogger sebaiknya digunakan saat cuaca dingin atau hujan, terutama saat kaca belakang mulai berembun. Defogger juga dapat digunakan saat kaca belakang berkabut akibat uap AC dari kabin mobil.

Tips Menggunakan Defogger:

  • Nyalakan defogger saat kaca belakang mulai berembun.
  • Jangan gunakan defogger secara terus menerus, karena dapat merusak elemen pemanas.
  • Bersihkan kaca belakang secara berkala agar defogger dapat bekerja dengan optimal.

Kesimpulan:

Defogger merupakan komponen penting yang berfungsi untuk menjaga visibilitas pengemudi saat cuaca dingin atau hujan. Dengan menggunakan defogger dengan benar, Anda dapat meningkatkan keselamatan berkendara.

Ingat: Selalu periksa kondisi defogger secara berkala dan segera lakukan perbaikan jika ditemukan kerusakan.

Semoga informasi ini bermanfaat!

@copyright PT Prospect Motor