Cara Nyalip Anti Selip!

Post, 04 Januari 2024

View: 
46

Menyalip kendaraan di jalan raya tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan tentu saja ada aturan mainnya. Karena menyalip secara sembarangan akan meningkatkan resiko kecelakaan, salah satunya menyalip dari sisi kiri yang tidak disarankan. Lantas bagaimana cara menyalip kendaraan yang benar? Mari simak ulasan berikut;

 

Baca juga: Mobil Hybrid Apakah Bisa Digunakan Untuk Menjerjang Banjir?

 

  • Lebih baik menyalip dari sisi kanan

Dengan posisi kemudi yang berada di sebelah kanan, pengemudi akan cenderung lebih fokus pada jalan di sisi kanan. Sehingga jika menyalip dari sisi sebelah kiri, kendaraan yang berada di sebelah kanan cenderung akan kaget dan resiko kecelakaan menjadi lebih besar.

  • Jalur kiri diutamakan untuk kendaraan besar

Kendaraan besar seperti truk dan bus, umumnya selalu berada di jalur kiri karena jalur kiri diciptakan untuk jalur lambat. Karena jalur sebelah kiri didominasi oleh kendaraan besar maka ruang gerak yang dibutuhkan juga lebih luas sehingga tidak disarankan menyalip dari sebelah kiri.

  • Kenali fungsi jalan raya dan tol

Jalan tol memiliki bagian- bagian tersendiri, dan tiap bagian memiliki fungsi yang berbeda. Contohnya bahu jalan merupakan bagian jalan paling kiri yang berfungsi untuk keadaan darurat seperti ban bocor, mogok, mesin bermasalah, dan sebagainya. Sehingga untuk menyalip kendaraan di depan lebih baik menggunakan lajur kanan.

  • Tidak meningkatkan kecepatan secara berlebihan

Menggunakan kecepatan yang tinggi saat akan menyalip merupakan hal yang lumrah dilakukan semua orang. Akan tetapi perlu diketahui dalam menyalip kendaraan terdapat batas kecepatan yang perlu dipatuhi. Hal ini untuk menghindari resiko kecelakaan seperti rem blong, mesin overheat, atau hilang kendali saat mengemudi.

  • Memberi tanda ketika ubah jalur

Pentingnya memberi tanda ketika akan menyalip seperti menggunakan lampu sein atau klakson. Perhatikan juga jarak antara kendaraan di depan dan di belakang untuk menghindari pengereman mendadak.

Menyalip kendaraan di depan sebenarnya tidak dilarang asalkan tetap berhati- hati, tidak ugal- ugalan, dan selalu patuhi peraturan lalu lintas.

Jika kalian butuh pertolongan atau ingin melakukan perawatan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian.

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor