Cek Penyebab Rem Mobil Anda Berdecit

Post, 23 Februari 2024

View: 
51

Suara decitan pada rem mobil saat pengereman memang cukup mengganggu. Banyak orang yang langsung panik dan mengira bahwa kampas rem sudah tipis dan perlu diganti. jika hanya bunyi sesekali saja mungkin tidak masalah, namun jika setiap kali kalian menginjak rem lalu berdecit pasti sangat mengganggu sekali. Lantas, apa penyebab rem mobil jadi sering berdecit? Simak artikel berikut ini.

 

  1. Akibat Hujan

Mungkin sering kalian sadari saat mobil basah atau terkena hujan menyebabkan rem mobil jadi berdecit. Hal ini dikarenakan aspal yang basah dapat menyebabkan ban luar mobil jadi licin. Dan ketika kalian melakukan pengereman akan terjadi gesekan antara aspal dengan ban mobil, kemudian cakram akan terkena percikan air hujan. Kalian tidak perlu cemas karena hal ini bisa hilang dengan sendirinya.

  1. Kampas Rem Tipis

Ini adalah penyebab paling umum. Ketika kampas rem tipis, sensor keausan akan bersentuhan dengan rotor rem, menghasilkan suara decitan. Segera ganti kampas rem Anda jika sudah tipis untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

 

Baca juga: Tips Ampuh Agar Usia Aki Anda Jauh Lebih Lama

 

  1. Kotoran dan debu

Kotoran dan debu yang menumpuk di permukaan kampas rem dan rotor dapat menyebabkan gesekan yang menghasilkan suara decitan. Bersihkan kampas rem dan rotor secara berkala untuk mengatasi masalah ini.

  1. Komponen Piston Rusak

Piston rem mobil yang mengalami kerusakan atau aus, pastinya akan mengganggu kinerja rem. Hal ini dapat menyebabkan pedal rem jadi terasa berat saat diinjak atau bahkan saat dilepas.

  1. Kondisi Minyak Rem kurang

Kekurangan minyak rem dapat menyebabkan timbulnya suara decitan pedal saat diinjak. Hal ini disebabkan oleh bagian dalam pedal rem dan bagian kabin bergesekan terlalu keras.

Untuk Itu segera berikan pelumas pada bagian pedal rem. Cek secara rutin supaya pemberian pelumas tidak telat.

Dan itulah penyebab kampas rem mobil kalian berdecit Jika kalian ingin melakukan perawatan supaya mobil lebih nyaman digunakan. Kalian bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian.

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor