Ganti Lampu Mobil Perlu Diperhatikan, Jangan Asal Terang Ya!

Post, 05 September 2023

View: 
294

Ganti lampu mobil tidak boleh hanya asal terang saja, karena dapat membahayakan pengendara lain, apalagi saat berkendara pada malam hari, maka lampu mobil dari lawan arah dapat membuat silau.

Lampu mobil sendiri memiliki peranan yang sangat penting, selain untuk menerangi jalanan pada malam hari, lampu juga bisa sebagai penanda isyarat bagi pengguna jalan lain.

Dalam penggunaannya, lampu mobil memiliki aturan khusus untuk warna lampu serta tingkat pencahayaannya. Aturan yang berlaku tersebut ada pada pasal 23 Peraturan Pemerintah (PP) 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan yang mengacu pada Undang-undang nomor 22 tahun 2009 pasal 48 ayat 3 tentang sistem lampu dan alat pemantul cahaya. Jika kalian mengabaikan mengenai ketentuan yang berlaku maka bisa dikenakan seperti yang tertuang dalam pasal 286 UU No. 22/2009.

Dimana setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor beroda empat atau lebih dijalan dan tidak sesuai dengan persyaratan layak jalan sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat 3 juncto pasal 48 ayat 3, dipidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Tips mengganti lampu mobil adalah sebagai berikut:

  1. Perhatikan tipe bohlam lampu. Karena setiap bohlam memiliki tipe yang berbeda-beda.
  2. Perhatikan ukuran watt. Pastikan ukuran watt sama dengan bawaan lampu mobil, karena jika tidak sesuai atau lebih besar dapat menyebabkan soket lampu jadi meleleh dan rumah lampu memanas sehingga merusak bagian reflektor.
  3. Warna bohlam. Untuk menentukan sinar yang dihasilkan dari bohlam.
  4. Perhatikan grounding. Daya bohlam yang besar bisa menyebabkan penurunan performa lampu mobil.

Dan itulah mengapa tidak boleh asal ganti lampu mobil yang terang. Jika kalian membutuhkan bantuan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian.

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor