Hati Hati Bensin Tercampur Dengan Air, Bisa Fatal!

Post, 12 Juni 2024

View: 
59

Bensin mobil akan berubah warna jika tercampur dengan air, hal ini menandakan campuran bahan bakar telah terkontamiasi dengan zat lain. Hal ini bisa menyebabkan masalah serius pada kendaraan Anda. Lalu, apa penyebab bensin tercampur dengan air?

Lalu, bagaimana air bisa masuk ke dalam tangki bensin? Berikut beberapa kemungkinannya:

  • Tangki Bensin Bocor: Kebocoran pada tangki bensin dapat memungkinkan air masuk, terutama saat hujan atau saat mencuci mobil.
  • Nozzle Pompa Bensin Kotor: Air atau kotoran lain pada nozzle pompa bensin dapat tercampur dengan bensin saat pengisian.
  • Kondensasi: Uap air di udara dapat mengembun di dalam tangki bensin saat cuaca dingin, terutama jika tangki tidak terisi penuh.

Baca juga: Panduan Darurat Ketika Mobil Mati Mendadak

Air dan bensin adalah dua zat yang tidak bisa bercampur. Keberadaan air dalam bensin dapat menimbulkan berbagai masalah serius bagi kendaraan Anda, seperti:

  • Korosi: Air dapat menyebabkan korosi pada tangki bensin, saluran bahan bakar, dan komponen mesin lainnya. Hal ini dapat menyebabkan kebocoran dan kerusakan permanen.
  • Kerusakan Mesin: Air yang tercampur dengan bensin dapat mengganggu proses pembakaran di dalam mesin. Hal ini dapat menyebabkan mesin tersendat, kehilangan tenaga, dan bahkan kerusakan pada komponen mesin.
  • Filter Bahan Bakar Tersumbat: Air dapat menyumbat filter bahan bakar, sehingga aliran bensin ke mesin terhambat. Hal ini dapat menyebabkan mesin mogok dan performa kendaraan menurun.

 

Apa yang harus dilakukan jika bensin tercampur air?

Jika Anda menduga bensin mobil Anda tercampur air, segera bawa kendaraan Anda ke bengkel terpercaya. Mekanik akan dapat menguras tangki bensin dan menggantinya dengan bensin baru.

Berikut beberapa tips untuk mencegah bensin tercampur air:

  • Pilih SPBU yang Terpercaya: Isi bensin di SPBU yang memiliki reputasi baik dan terawat dengan baik.
  • Perhatikan Kondisi Nozzle Pompa Bensin: Pastikan nozzle pompa bensin terlihat bersih dan tidak ada air atau kotoran di sekitarnya.
  • Isi Tangki Bensin Penuh: Hindari mengisi tangki bensin hanya sampai setengah. Hal ini dapat mengurangi ruang untuk kondensasi air.
  • Periksa Tangki Bensin Secara Teratur: Periksa secara berkala apakah ada tanda-tanda kebocoran pada tangki bensin.

Baca juga: MOBIL HYBRID HONDA YANG LEBIH IRIT DARI BRIO! 

Menjaga kendaraan Anda dalam kondisi prima sangatlah penting. Dengan memahami penyebab dan cara mencegah bensin tercampur air, Anda dapat melindungi kendaraan Anda dari kerusakan serius dan memastikan keselamatan saat berkendara.

@copyright PT Prospect Motor