Honda Perkenalkan Seri Mobil Listrik Terbaru, Honda 0 Series Di Ajang CES 2024

Post, 13 Januari 2024

View: 
110

Las Vegas, Amerika Serikat, 10 Januari 2024 – Honda memperkenalkan seri mobil listrik terbarunya yang dinamai Honda 0 Series, pada pameran Consumer Electrics Show (CES) 2024 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat tanggal 10 – 12 Januari 2024. Dalam acara ini, Honda memperkenalkan dua model konsep mobil listrik, Saloon dan Space-Hub, dimana kedua model ini akan diluncurkan pada tahun 2026 serta akan diperkenalkan secara global mulai dari di Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia, Eropa, Afrika dan Timur Tengah.

 

Mobil konsep pertama yaitu Saloon, yang merupakan model flagship dari Honda 0 Series. Model konsep ini dibuat menggunakan pendekatan Thin, Light and Wise (Ringkas, Ringan, dan Bijak). Pada model ini, Honda mendesain kendaraan yang memperluas tingkat kebebasan dalam suatu desain serta meningkatkan konsep man maximum, machine minimum pada kendaraan listrik. Tampilannya yang rendah dan sporty sehingga membedakannya dengan model kendaraan listrik pada umumnya. Kemudian pada desain interior menawarkan ruang kabin yang luas, futuristik serta istimewa sehingga memberi kenyamanan bagi penggunanya.

 

Sementara itu, pada panel instrumen Saloon dilengkapi dengan Human-Machine Interface (HMI) yang memungkinkan pengoperasian mudah untuk digunakan serta intuitif sehingga mewujudkan penggunaan interface yang lebih canggih dan sesuai. Visibilitas dirancang dengan sedemikian rupa dimana Saloon akan berusaha untuk memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan selaras dengan sensitivitas pengemudi.

 

Baca lainnya: Mobil Sulit Distarter? Mungkin Ini Penyebabnya! 

 

Dengan menerapkan sistem steer-by-wire serta teknologi canggih dari sistem manajemen gerakan, termasuk kontrol postur, yang telah dikembangkan oleh Honda melalui pengembangan teknologi robotik, Saloon berkomitmen untuk memberikan kendali yang responsif sesuai dengan keinginan pengemudi dalam berbagai situasi berkendara. Saloon mengejar pencapaian "kesenangan berkendara" tertinggi di era kendaraan listrik. Selain itu, dengan menggunakan material ramah lingkungan pada interior dan eksterior, Saloon dikembangkan sebagai model yang unik, sesuai dengan kebutuhan pengguna, dan sejalan dengan prinsip keberlanjutan lingkungan.

 

Selain Saloon, mobil konsep lainnya dalam Honda 0 Series, yaitu Space-Hub yang dikembangkan dengan tema "meningkatkan kehidupan sehari-hari masyarakat". Dengan kabin yang luas dan visibilitas yang sangat baik berdasarkan pendekatan pengembangan "Ringkas, Ringan, dan Bijak", Space-Hub menawarkan ruang kabin fleksibel yang dapat dengan cepat disesuaikan dengan keinginan penggunanya. Selain itu, model ini juga dapat untuk menghubungkan individu dengan individu serta individu dengan masyarakat. Space-Hub menciptakan resonansi timbal balik yang akan semakin memperkuat keterhubungan di antara satu sama lain.

 

Toshihiro Mibe selaku President and Representative Executive Officer Honda Motor Co., Ltd mengatakan, “Kendaraan listrik masa depan yang akan diciptakan Honda mengusung konsep “Ringkas, Ringan, dan Bijaksana” yang akan memungkinkan kita untuk mengatasi kendala yang dihadapi kendaraan listrik saat ini sebagai kendaraan tebal dan berat, dan meningkatkan peluang kendaraan listrik”.

 

Dalam mengembangkan Honda 0 Series, tim pengembangan kembali ke titik awal Honda dan merancang kendaraan listrik yang memiliki ukuran baterai yang lebih efisien serta memiliki kapasitas jangkauan yang lebih jauh. Maka dari itu, Honda kemudian memiliki pendekatan baru untuk pengembangan kendaraan listrik dengan tiga konsep yaitu Ringkas, Ringan, dan Bijak (Thin, Light and Wise).

  • Ringkas (Thin) memiliki desain yang ramping, termasuk ketinggian kendaraan yang rendah sehingga mewujudkan kinerja aerodinamis yang sangat baik.
  • Ringan (Light) yaitu mewujudkan ciri khas Honda yang sporty dan efisiensi listrik melalui teknologi Honda.
  • Bijak (Wise) yaitu mewujudkan produk mobilitas berbasis perangkat lunak Honda dengan memanfaatkan pengetahuan yang telah dikumpulkan Honda.

 

Lima nilai inti yang ditawarkan pada produk elektrifikasi Honda:

1.) Desain Artistik yang mengusung keselarasan

Desain pada seri ini mengusung konsep “The Art of Resonance,” dimana Honda menawarkan produk mobilitas berkelanjutan yang menawarkan keselarasan dengan lingkungan, masyarakat serta kehidupan sehari-hari penggunanya.

 

2.) AD/ADAS yang menjamin keamanan dan keselamatan

Sistem Advanced Driver Assistance System (ADAS) akan menggunakan Honda SENSING Elite. Kemudian sistem Automated Driving (AD) akan memiliki lebih banyak fungsi pengemudi otomatis yang dikembangkan berdasarkan konsep keamanan "berpusat pada manusia". Sistem ini memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan, sensing, pengenalan/keputusan, dan teknologi pemantauan pengemudi yang lebih canggih, dengan tujuan menciptakan prediksi risiko yang lebih menyerupai kepekaan manusia, alami, dan tingkat presisi yang tinggi.

 

3.) Kecanggihan teknologi Internet of Things (IoT)

Teknologi ini bertujuan untuk menyajikan nilai "seru untuk dikendarai, seru untuk digunakan, dan seru untuk terhubung". Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan dan big data, kendaraan akan mampu belajar preferensi pengguna, seperti selera musik, serta mengidentifikasi perilaku dan kecenderungan pengemudi selama mengemudi, dan memberikan berbagai rekomendasi. Kendaraan akan memberikan nilai yang seolah-olah memahami perasaan pengguna. Sehingga semakin sering kendaraan digunakan, semakin dekat hubungan antara individu dengan kendaraannya.

 

4.) Kesenangan berkendara dengan perasaan menyatu dengan kendaraan

Style berkendara sporty dengan mengkombinasikan low-height styling dan berbagai teknologi aerodinamika akan meningkatkan kesenangan dalam berkendara.

 

5.) Kinerja efisiensi listrik yang luar biasa

Berdasarkan teknologi elektrifikasi yang dimiliki Honda dalam pengembangan kendaraan hibrida dan bidang lainnya, efisiensi energi diupayakan untuk mencapai kinerja efisiensi listrik yang tinggi. Melalui e-Axles yaitu  yang terdiri dari motor, inverter dan gearbox serta mengubah energi tenaga listrik. Teknologi ini sebagai tenaga penggerak dengan efisiensi konversi daya dan pengemasan yang sangat baik, baterai ringan dan berkepadatan tinggi yang menghasilkan kinerja aerodinamis yang sangat baik, dengan target jangkauan yang memadai serta meminimalkan kapasitas baterai yang dimuat pada kendaraan.

Teknologi ini juga menawarkan performa pengisian yang lebih baik dengan waktu pengisian akan lebih cepat dari 15% hingga 80% akan dipersingkat menjadi sekitar 10-15 menit. Sementara itu, dengan menerapkan teknologi pengendalian sistem baterai yang lebih baik, Honda berupaya untuk membatasi degradasi kapasitas baterai (jangkauan) menjadi kurang dari 10% setelah 10 tahun penggunaan.

 

sumber: www.honda-indonesia.com

@copyright PT Prospect Motor