Honda Pertahankan Posisi di Klasemen IndyCar Series Jelang Balapan Historis Indy 500

Post, 19 Juni 2024

View: 
51

Honda memulai musim balap IndyCar Championship 2024 dengan mempertahankan posisi terdepan di klasemen pembalap, tim dan juga manufaktur. Hal ini menjadi awal yang sangat baik bagi Honda jelang balapan historis Indy 500 dua pekan mendatang.

Pada musim balap 2024 ini, Alex Palou memimpin klasemen balap sementara dengan dua kemenangan dari lima seri balap yang sudah digelar. Alex Palou, pembalap asal Spanyol dari tim Chip Ganassi Racing merupakan juara dunia IndyCar Series di musim balap 2021 dan 2023.

Seri balap selanjutnya adalah ajang balap historis Indy 500 yang akan digelar di sirkuit Indianapolis Motor Speedway. Ajang balap ini sudah digelar sejak 108 tahun lalu dan merupakan ajang balap tertua di dunia. Honda telah berhasil menorehkan prestasi di ajang balap bergengsi sekaligus historis tersebut dimana menjadi juara sebanyak tujuh kali.

Alex Palou, pembalap tim Chip Ganassi Racing mengatakan, “Kemenangan di awal bulan Mei ini menjadi modal yang penting bagi kami terlebih kami akan menjalani balapan spesial sekaligus historis pada dua pekan kedepan dimana kami kembali menargetkan kemenangan”.

Baca juga: Jangan Acuh, 5 Komponen Mobil yang Wajib Rutin Diganti!

Kelvin Fou, Vice President Honda Racing Corporation USA mengatakan, “Kami berhasil mengawali dua agenda balapan penting di bulan Mei ini dengan baik. Keempat pembalap kami berhasil berada di posisi lima besar. Kami akan berusaha untuk mempertahankan keunggulan kami pada balapan berikutnya yang merupakan agenda balapan sangat spesial bagi Honda. Kami bertekad untuk meraih hasil terbaik dan juga memperpanjang rekor yang telah kami torehkan sebelumnya”.

 

Ajang balap IndyCar Championship tahun 2024 berlangsung dari bulan Maret hingga September sebanyak 17 putaran. Ajang ini memperlombakan kejuaraan balap single seater dan juga open wheel dimana ajang balap ini diperlombakan di berbagai trek yang beragam mulai dari oval maupun sirkuit di Amerika Utara. Selain itu ajang balap ini juga sekaligus membutuhkan ketahanan mesin mumpuni serta konsentrasi penuh dari pembalap karena dilakukan dalam jumlah putaran yang banyak.

 

Tahun ini Honda melalui HRC (Honda Racing Corporation) secara konsisten berpartisipasi sebagai pemasok mesin balap pada ajang balap IndyCar sejak tahun 1996 hingga kini dimana Honda berhasil menjadi manufaktur yang paling banyak meraih trofi kejuaraan; 5 gelar untuk kategori pembalap dan 4 gelar untuk kategori manufaktur. Honda tercatat pertama kali menjuarai ajang balap IndyCar pada tahun 2004.

Pada tahun 2024 ini, Honda menyuplai mesin balapnya untuk lima tim di ajang balap IndyCar yaitu tim Chip Ganassi Racing, Andretti Global, Dale Coyne Racing, Meyer Shank Racing dan Rahal Letterman Lanigan Racing. Selain itu, Honda juga menjadi titel sponsor untuk beberapa agenda balap seri IndyCar pada tahun 2024 ini yaitu Long Beach, Indy 200 Mid-Ohio serta Toronto.

@copyright PT Prospect Motor