INI KEBIASAAN BURUK YANG MENYEBABKAN CAT MOBIL RUSAK!

Post, 27 April 2024

View: 
26

Mobil kesayangan Anda tak hanya berfungsi sebagai alat transportasi, tapi juga aset berharga yang perlu dijaga keindahannya. Cat mobil yang mulus dan mengkilap tentu meningkatkan nilai estetika dan harga jual kembali kendaraan Anda.

Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak cat mobil Anda? Kebiasaan-kebiasaan ini mungkin terlihat sepele, namun lama kelamaan dapat menimbulkan kerusakan permanen pada cat mobil Anda.

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang perlu Anda hindari:

 

  1. Mencuci Mobil Dengan Cara yang Salah

Mencuci mobil memang baik dan sangat disarankan, namun ada teknik dan alat tertentu yang harus digunakan agar cat mobil tidak rusak.

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah mencuci mobil dengan kain atau lap yang kasar. Kain seperti ini dapat meninggalkan goresan halus pada permukaan cat.

Selain itu, mencuci mobil dengan air yang terlalu panas atau deterjen yang tidak khusus untuk mobil juga bisa merusak lapisan cat.

Penting untuk selalu menggunakan kain lap kanebo yang lembut dan pastikan bersih sebelum digunakan. Juga, gunakan sabun khusus mobil yang memiliki pH seimbang agar cat mobil tetap terjaga.

 

Baca juga:

 

  1. Memarkir Mobil di Bawah Sinar Matahari Langsung:

Paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama dapat menyebabkan cat mobil memudar, retak, dan bahkan mengelupas. Sebisa mungkin parkirkan mobil Anda di tempat teduh atau gunakan pelindung mobil untuk menghindari kerusakan akibat sinar matahari.

  1. Menggunakan Selimut Mobil Anti Air

Meskipun selimut mobil anti air dapat melindungi kendaraan dari debu dan kotoran, ternyata penggunaannya juga berpotensi merusak cat mobil.

Kebiasaan ini dapat menyebabkan cat mobil:

  • Lebih cepat rusak:┬áSelimut anti air dapat memerangkap kelembapan di antara selimut dan permukaan bodi mobil, menciptakan lingkungan ideal bagi jamur untuk tumbuh. Jamur ini dapat merusak cat mobil dan membuatnya mengelupas.
  • Berjamur:┬áJika jamur sudah terlanjur tumbuh, kerusakan cat akan semakin parah dan sulit dihilangkan.
@copyright PT Prospect Motor