Isi Bensin di Pagi Hari Dapat Lebih Banyak? Benarkah?

Post, 01 April 2024

View: 
54

Banyak orang yang meyakini bahwa mengisi bensin di pagi hari saat cuaca dingin akan mendapatkan lebih banyak bensin dibandingkan di siang atau sore hari saat cuaca panas. Mitos ini telah beredar luas di masyarakat dan seringkali dipraktikkan oleh para pengendara.

Teori di Balik Mitos:

Teori di balik mitos ini didasari oleh sifat fisik bensin yang memuai saat panas dan menyusut saat dingin. Ketika cuaca dingin, bensin di dalam tangki penyimpanan SPBU diyakini lebih padat sehingga volumenya lebih banyak.

Baca juga: MOBIL MATIC TAK BOLEH DIDORONG? MITOS ATAU FAKTA?

 

Fakta:

Meskipun teori ini terdengar logis, kenyataannya tidak sesederhana itu. Perlu diketahui bahwa tangki penyimpanan bensin di SPBU terletak di bawah tanah dengan temperatur yang relatif stabil.

Perubahan temperatur di atas tanah akibat cuaca panas atau dingin tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap temperatur bensin di dalam tangki.

Penelitian dan Uji Coba:

Telah dilakukan berbagai penelitian dan uji coba untuk membuktikan kebenaran mitos ini. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam jumlah bensin yang diperoleh saat mengisi di pagi hari dibandingkan di siang atau sore hari.

Kesimpulan:

Berdasarkan fakta-fakta yang dipaparkan, mitos bahwa mengisi bensin di pagi hari mendapatkan lebih banyak bensin tidak terbukti benar. Jumlah bensin yang Anda dapatkan tergantung pada volume yang Anda beli, bukan pada suhu udara.

Tips Mengisi Bensin:

  • Pilih SPBU yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.
  • Pastikan meteran bensin di SPBU bekerja dengan baik.
  • Perhatikan takaran bensin yang Anda beli.
  • Hindari mengisi bensin saat tangki hampir kosong.
  • Isi bensin secukupnya, tidak perlu sampai penuh.

Dengan memahami informasi ini, Anda dapat mengisi bensin dengan lebih cerdas dan memastikan mendapatkan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

@copyright PT Prospect Motor