Kekurangan Angin Bisa Menyebabkan Velg Rusak? Cek Faktanya!

Post, 15 Maret 2023

View: 
251

Kalian juga pasti sering merasakan saat ban mobil kekurangan angin akan menyebabkan mobil terasa lebih berat. Sehingga dapat mengganggu kenyamanan dan kendali kemudi saat sedang berada di jalan.

Ban mobil yang kekurangan angin dan dipaksakan untuk berjalan akan membuat ban mudah pecah, jika hal ini sudah terjadi maka bisa merusak velg mobil. Karena secara tidak langsung velg tidak memiliki bantalan dan langsung bergesekan dengan aspal jalan. Selain itu, velg yang bermasalah juga bisa berdampak pada kecelakaan lalu lintas.

Pada dasarnya velg mobil berfungsi untuk menopang berat dari mobil itu sendiri, sehingga saat tekanan bannya kurang akan memberikan tekanan tambahan dari kontur jalanan. Apalagi ketika mobil melewati jalan yang berlubang atau rusak pada kecepatan tinggi, hal ini pasti akan membuat velg mobil jadi penyok karena biasanya bagian bibir atau sisi velg didesain tipis, jadi bisa dibayangkan bila ban mobil yang kekurangan angin dengan kecepatan tinggi dan menghantam lubang.

Kurangnya tekanan ban mobil, selain bisa membahayakan juga akan menyebabkan mobil membutuhkan banyak bahan bakar. Sebab mobil akan terasa berat atau sulit untuk berjalan sehingga membutuhkan bahan bakar lebih supaya mobil bisa berjalan stabil.

Ban mobil yang tekanannya terlalu tinggi juga tidak baik, sebab akan membuat karet ban terasa keras seperti batu dan tidak ada pantulan dari karetnya. Apalagi saat melewati lubang akan membuat kerja suspensi menjadi lebih ekstra lagi dan sangat rawan pecah bila menghantam benda yang agak besar.

Pengecekan ban sangat perlu dilakukan berkala, untuk para pemilik mobil perlu rutin melakukan pengecekan tekanan angin di bengkel resmi. Karena pada bengkel resmi, pengecekan tekanan angin di ban mobil akan dilakukan menggunakan pemeriksa tekanan angin digital, sehingga kondisi ban benar-benar bisa diketahui.

Bagi pemilik mobil bisa mengisi angin mobilnya menggunakan nitrogen supaya lebih tahan lama dan setidaknya dilakukan pengecekan setiap seminggu sekali supaya bisa pemilik mobil bisa mengetahui bisa ada gangguan pada ban mobil.

 

Source: h0ndaoutsidejava.co.id

@copyright PT Prospect Motor