Kenali Ciri-ciri Matahari Kopling Mobil yang Rusak!

Post, 11 Oktober 2023

View: 
506

Komponen clutch cover atau matahari kopling merupakan salah satu komponen penting yang dapat menentukan performa dari kendaraan kalian. Clutch cover ini berfungsi sebagai penjepit bagian kampas kopling, sehingga tenaga dapat tersalurkan dengan bagi ke bagian transmisi mesin melalui perpindahan gigi. Sehingga perlu bagi kalian melakukan perawatan komponen ini supaya tidak cepat rusak. Kenali beberapa ciri-ciri kerusakan yang terjadi pada matahari kopling dengan tanda sebagai berikut: 

  1. Sulit melakukan perpindahan gigi 

Saat terjadi kerusakan pada clutch cover maka akan menyebabkan kinerja mobil jadi terganggu. Untuk itu kalian bisa mengenali ciri-ciri kerusakannya yang pertama adalah apabila kalian melakukan perpindahan gigi saat mobil sedang dalam keadaan menyala, namun perpindahan terasa keras atau kasar. 

  1. Kopling mobil tidak dapat diatur pada settingan rendah 

Ciri-ciri berikutnya bisa kalian rasakan saat kopling mobil tidak bisa di setting pada ukuran rendah, hal ini biasa terjadi karena clutch cover cenderung sulit menetralkan kampas kopling saat disetel rendah, sehingga jadi semakin susah untuk melakukan perpindahan gigi. Hal ini juga bisa saja terjadi karena setelah diinjak, pedal kopling akan memberikan beban atau dorongan supaya pegas diafragma bekerja.

  1. Pedal kopling terasa berat saat diinjak 

Ciri berikutnya bisa kalian rasakan adalah ketika menginjak pedal kopling akan terasa berat. MinHo sarankan bila sudah terasa seperti ini maka jangan dibiarkan begitu saja karena bisa menyebabkan proses pergantian gigi jadi lebih sulit dan membuat posisi gigi di netral jadi lebih lama.

  1. Kopling terasa licin 

Gesekan yang kurang optimal antara matahari kopling dengan kampas kopling akan menyebabkan kopling terasa lebih licin dan sulit untuk dikendalikan.

Karena seharusnya, dengan adanya kopling kalian lebih bisa mengontrol kendaraan kalian, namun saat kopling terasa licin akan menyebabkan kendaraan lebih sulit untuk dikendalikan. Hal ini tentu membahayakan kalian kesalama berkendara, terlebih untuk kalian yang baru belajar mengendarai mobil. 

Lakukan perawatan terhadap kopling mobil supaya lebih kayak pakai. Jika kalian membutuhkan bantuan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor