Lakukan Ini Jika AC Mobil Tak Dingin!

Post, 15 Februari 2024

View: 
46

AC mobil merupakan salah satu fitur penting yang memberikan rasa nyaman saat berkendara, terutama ketika di cuaca panas. Sobat Honda mungin pernah mengalami masalah system pendinginan yang tidak terasa dingin dan menyebabkan suhu ruang dalam kabin menjadi sumpek dan panas.

Lalu, bagaimana jika AC mobil tiba-tiba tidak terasa dingin? Apa yang harus dilakukan ketika AC tak dingin? Kami sudah merangkum tips bagaimana jika AC mobil tak dingin.

 

  1. Periksa Filter AC:

Filter AC yang kotor dapat menyumbat aliran udara dan mengurangi kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan. Alangkah baiknya, ganti filter AC secara rutin. Penyumbatan pada filter AC mobil sering terjadi karena debu dan kotoran yang menumpuk.

 

  1. Periksa Freon:

Freon merupakan cairan yang sangat penting untuk fungsi AC mobil. Tetapi, freon sering mengalami masalah kebocoran pada sistem AC mobil. Hal ini disebabkan oleh komponen karet sistem yang telah usang dan rusak.

Komponen karet tersebut biasa disebut sebagai fanbelt atau drivebelt dimana bekerja untuk pengoptimalan putaran pada kompresor. Lakukan cek freon secara berkala, karena freon dibawah limit standar atau bahkan habis akan menyebabkan kerusakan pada sistem AC mobil.

 

Baca juga: Berapa lama waktu yang ideal untuk memanaskan mobil?

 

  1. Periksa kompresor:

Kompresor mobil yang rusak akan mengakibatkan tekanan AC di mobil menjadi tak normal. Kompresor menjadi bagian terpenting untuk menjalankan system fungsi AC mobil, di mana di dalamnya tedapat bagian-bagian tertentu yang mengalirkan udara.

Jika kompresor AC tersumbat kotoran, itu juga akan menimbulkan masalah pada indukator receiver dryer atau expansion valve, yang berfungso untuk memompa angin tekanan udara yang masuk ke dalam proses kondensasi.

 

  1. Periksa Kondensor:

Kondensor merupakan bagian dari sistem fungsi AC mobil yang terletak dibagian depan, dekat dengan radiator. Permasalahan pada proses kondensasi didalam kondensor akan menyebabkan penurunan kinerja motor extra fan.

Dan udara dingin tidak dapat masuk ke dalam kabin mobil. Kondensor ini adalah penghantar saluran pembuangan udara kotor dan panas yang dihasilkan dari putaran motor extra fan. Karena terletak dibagian depan, kondensor juga sering kali mengalami penyumbatan oleh kotoran dan lumpur.

 

Silahkan periksa kondensor anda secara rutin, 3 (tiga) sampai 6 (enam) bulan sekali. Jangan lupa untuk memeriksa bagian evaporator yang masih menjadi bagian kondensor. Karena apabila evaporator kotor, hal itu akan mengakibatkan thermistor/ thermostart bermasalah.

 

Periksa mobil Anda secara berkala di bengkel resmi Honda, agar mobil Anda tetap awet dan terjaga.

@copyright PT Prospect Motor