Masuk Musim Hujan, Aquaplaning Menghantui!

Post, 09 Januari 2024

View: 
49

Pernahkah kamu hilang kendali mengemudi saat hujan atau melewati genangan air dengan kecepatan tinggi? Itu artinya kamu sedang mengalami aquaplaning yang berarti daya cengkram ban mobil menurun sehingga menyebabkan hilangnya kontrol pada kendaraan karena lemahnya traksi.

Aquaplaning atau hydroplaning, dapat disebabkan oleh genangan air seperti banjir atau hujan. Pada musim hujan seperti ini, genangan air dapat menimbulkan komplikasi saat mengemudi. Selain faktor genangan air atau hujan, ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab aquaplaning;

Baca lainnya: All New Honda CR-V Raih Predikat Tingkat Keselamatan Tertinggi dari ASEAN NCAP

  1. Kondisi ban yang sudah aus atau tipis. Dengan kondisi ban seperti ini, ban sudah tidak mampu lagi memecah genangan air. Sehingga akan sangat berbahaya karena mobil dapat tergelincir.
  2. Mengemudi terlalu kencang yang menyebabkan mobil lebih mudah terangkat atau melayang.
  3. Berat kendaraan yang ringan. Semakin ringan bobot kendaraan, resiko terangkatnya mobil menjadi lebih besar, terlebih jika mengemudi dengan kecepatan tinggi.
  4. Genangan air maupun cairan dan hujan dapat menyebabkan lapisan licin antara permukaan jalan dan ban mobil sehingga ban tidak benar- benar menyentuh permukaan jalan.

Setelah mengetahui penyebab aquaplaning, lantas bagaimana cara menghindari aquaplaning?

  1. Mengurangi laju kecepatan kendaraan terutama ketika jalanan sedang basah atau ada genangan air.
  2. Periksa rutin ban mobil, dan segera mengganti ban jika sudah tipis atau aus dan pastikan tekanan angin ban sesuai anjuran kendaraanmu .
  3. Menonaktifkan mode cruise control, sehingga kamu mempunyai kendali penuh atas kendaraanmu sendiri.
  4. Hindari rem mendadak atau berbelok mendadak agar kendaraan tidak kehilangan traksi.

Bagi Anda yang memerlukan perawatan khusus, bengkel resmi Honda Indonesia selalu setia untuk Anda. Anda bisa melakukan online booking di aplikasi Honda e-Care (tersedia di Google Store dan Apple Store) agar tidak perlu mengantre di area bengkel. Teknisi kami bisa mengunjungi rumah Anda untuk layanan service home atau pick up mobil untuk penanganan lebih lanjut.

 

Honda!

The Power of Dreams!

@copyright PT Prospect Motor