Mobil Sulit Distarter? Mungkin Ini Penyebabnya!

Post, 11 Januari 2024

View: 
88

Pernah nggak sih mobil Sobat Honda sulit distarter di pagi hari, padahal sedang terburu-buru berangkat kerja? Atau Anda terjebak dalam waktu mepet, tapi terlambat berangkat karena mobil nggak mau distarter? Kondisi seperti ini mungkin bikin Anda panik seketika, yang lebih menyebalkan, masalah mobil sulit distarter ini bisa mengganggu produktivitas Anda.

Jangan pusing dulu, Sobat Honda! Kondisi mobil sulit distarter ini ada penyebabnya. Mulai dari masalah aki, dinamo, busi, dan komponen mobil lainnya. Kira-kira, apa saja ya penyebab mobil Anda sulit distarter?

 

Baca juga: All New Honda CR-V Raih Predikat Tingkat Keselamatan Tertinggi dari ASEAN NCAP

 

  1. Aki soak akibat usia atau mesin jarang dipanaskan

Komponen satu ini memang paling umum jadi penyebab mobil sulit distarter, dan aki juga merupakan bagian paling penting dalam sistem kelistrikan kendaraan. Jika aki atau akumulator sudah tidak prima, suplai listrik ke berbagai komponen mobil tak bisa maksimal. Penyebab soaknya aki pun beragam. Mulai dari komponen penyimpan listrik yang sudah terlalu tua, atau mesin mobil yang jarang dipanaskan.

Mengatasi itu, cek kondisi aki adalah hal pertama yang bisa Anda lakukan. Dalam kondisi kepepet, jika benar masalah sulit starter disebabkan baterai soak, Anda bisa menghidupkan mesin dengan cara mendorong mobil lebih dulu.

  1. Busi kotor

Ini dia pemicu kedua mobil sulit distarter. Busi kotor bisa menghambat percikan api sehingga mesin menjadi sulit distarter. Jika benar penyebab mobil sulit distarter adalah busi kotor, Anda bisa coba membersihkan busi dengan cara digosok atau menggunakan pembersih. Tapi jika masalah pada busi disebabkan kerusakan atau usia yang sudah terlalu tua, sebaiknya Anda mengganti busi agar kinerja mobil tak terus-terusan terkendala.

  1. Dinamo ampere usang

Dinamo ampere atau alternator adalah komponen mobil yang berfungsi mengalirkan listrik ke aki. Jika komponen ini bermasalah, dalam kondisi aki prima pun mesin mobil tidak akan bisa distarter. Biasanya, kerusakan dinamo ampere disebabkan usia mobil yang tua, umumnya di atas 8 tahun. Supaya dapat mengatasi masalah ini, penanganan paling tepat adalah melakukan perbaikan dan perawatan di bengkel.

Tapi, jangan salah pilih soal urusan bengkel, Sobat Honda! Pastikan bengkel resmi Honda menjadi pilihan utama untuk perawatan mobil kesayangan Anda.

  1. Masalah aliran bahan bakar

Nah Sobat Honda, urusan bahan bakar memang sudah sering jadi bahasan otomotif. Tapi Sobat Honda tahu nggak nih kalau bahan bakar juga bisa memicu masalah mobil sulit distarter? Pada kondisi tertentu, mesin mobil sulit distarter disebabkan mobil dalam kondisi panas. Hal tersebut disebabkan aliran bahan bakar dari tangki tidak terdistribusi secara sempurna ke mesin. Selain itu, masalah terkait bahan bakar bisa berupa tidak optimalnya pencampuran bahan bakar dengan udara di karburator.

  1. Masalah pada pompa bahan bakar (Fuel Pump)

Masih terkait aliran bahan bakar, pompa alias fuel pump yang melemah juga bisa jadi pemicu mesin mobil susah distarter. Biasanya, melemahnya kinerja fuel pump ini disebabkan kotoran atau kondisi angin. Langkah pertama, Anda bisa mengecek kondisi Fuel Pump pada indikator speed engine di speedometer layar Multi Information Display (MID) di dasbor mobil. Selanjutnya untuk penanganan agar mobil kembali bekerja, Anda bisa membawa mobil ke bengkel resmi Honda untuk dibersihkan dan dikalibrasi ulang. Pastikan mobil Anda mendapatkan perawatan ekstra ya, Sobat Honda! Tentunya, demi kenyamanan dan keamanan berkendara Anda.

Sekarang Sobat Honda sudah tahu kan beberapa penyebab mobil sulit distarter? Jadi, dengan paparan di atas, Anda bisa ambil langkah tepat jika mengalami kendala mobil sulit distarter!

Bagi kami kenyamanan dan keamanan berkendara Anda selalu menjadi prioritas. Teruntuk Anda pengendara mobil Honda yang mengalami masalah mobil sulit distarter dengan potensi penyebab di atas, tak perlu khawatir! Honda Indonesia siap mengembalikan kondisi prima mobil Anda.

Kami senantiasa mengandalkan tenaga kerja ahli, dilengkapi peralatan servis berkualitas dan stok suku cadang orisinal Honda. Kami selalu usahakan yang terbaik agar mobil kesayangan Anda bisa kembali jadi sobat perjalanan dan produktivitas Anda.

 

Honda!

The Power of Dreams!

@copyright PT Prospect Motor