ODOL BISA HILANGKAN BARET MOBIL? CEK FAKTANYA!

Post, 02 Juli 2024

View: 
30

Mobil yang mulus dan sehat menjadi sebuah dambaan bagi semua pemilik mobil. Sering kali, muncul berbagai tips tips dan trik rahasia di media sosial untuk mengatasi permasalahan eksterior mobil, salah satunya rumor mengenai pasta gigi digunakan untuk menghilangkan baret. Benarkah pasta gigi bisa menjadi solusi hemat untuk mengatasi baret pada mobil? Mari kita simak ulasan berikut.

Fakta di Balik Rumor:

Faktanya, Pasta gigi memang mengandung bahan abrasif halus, yaitu silika, yang umumnya digunakan untuk membersihkan plak dan memutihkan gigi. Sifat bahan abrasif ini dipercaya dapat membantu memudarkan baret tipis pada permukaan cat mobil.

baca juga: Honda Tegaskan Komitmennya Penuhi Target Elektrifikasi 100% di Tahun 2040

Mesikpun demikian, perlu diingat bahwa pasta gigi diformulasikan atau diperuntukkan untuk gigi, bukan untuk cat mobil. Tingkat abrasifitas pasta gigi bisa sangat bervariasi, dan penggunaan pasta gigi yang tidak tepat justru dapat membahayakan cat mobil.

Penggunaan pasta gigi pada mobil dengan cara terlalu kasar dapat menyebabkan goresan baru pada permukaan cat, dan bahkan merusak lapisan clear coat yang berfungsi melindungi cat dari kerusakan.

Solusi Alternatif yang Lebih Aman dan Efektif:

Walaupun pasta gigi mungkin dapat membantu memudarkan baret tipis pada mobil dalam beberapa kasus, penggunaannya tidak disarankan sebagai solusi utama. Berikut beberapa alternatif yang lebih aman dan efektif untuk mengatasi baret pada mobil:

  • Kompon: Ini Merupakan senyawa abrasif halus yang diformulasikan khusus untuk menghilangkan baret pada mobil. Kompon tersedia dalam berbagai tingkat abrasifitas, sehingga Anda dapat memilih jenis yang sesuai dengan tingkat keparahan baret.
  • Scratch remover: Produk ini umumnya mengandung bahan kimia yang dapat membantu memudarkan baret dan mengembalikan kilau cat mobil. Pastikan untuk memilih scratch remover yang berkualitas dan sesuai dengan jenis cat mobil Anda.
  • Memoles ulang: Solusi ini merupakan cara terbaik untuk menghilangkan baret yang dalam, namun membutuhkan biaya yang lebih mahal dan keahlian khusus. Sebaiknya dilakukan oleh bengkel terpercaya.

Tips Menjaga Mobil dari Baret:

Ikuti tips ini untuk menjaga mobil dari baret, Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Berikut beberapa tips untuk menjaga mobil Anda dari baret:

  • Parkir di tempat yang aman: Hindari memarkir mobil di bawah sinar matahari langsung, di dekat pohon yang bercabang rendah, atau di tempat yang ramai.
  • Cuci mobil dengan benar: Gunakan sabun cuci mobil khusus dan teknik mencuci yang tepat untuk menghindari goresan pada cat mobil.
  • Gunakan pelindung cat: Anda dapat menggunakan wax, sealant, atau coating untuk melindungi cat mobil dari goresan dan kerusakan.

baca juga: DUA MODEL HYBRID TERBARU HONDA RAIH PENGHARGAAN BERGENGSI DI AJANG OTOMOTIF AWARD 2024

 

Kesimpulan: 

Merawat mobil dengan baik adalah kunci untuk menjaga keindahan dan nilainya. Meskipun pasta gigi mungkin menawarkan solusi hemat untuk baret tipis, penggunaannya tidak disarankan karena berisiko merusak cat mobil. Gunakan solusi alternatif yang lebih aman dan efektif seperti kompon, scratch remover, atau poles ulang untuk hasil yang optimal.

Ingat: Konsultasikan dengan bengkel terpercaya untuk mendapatkan solusi terbaik bagi baret pada mobil Anda.

@copyright PT Prospect Motor