PEMBALAP MUDA BINAAN HONDA AYUMU IWASA AKAN TAMPIL PERDANA DI SESI LATIHAN BEBAS F1 GRAND PRIX JEPANG 2024

Post, 16 April 2024

View: 
28

Pembalap muda binaan Honda, Ayumu Iwasa akan tampil perdana di sesi latihan bebas F1 Grand Prix Jepang 2024 pada hari Jumat, 5 April 2024 di sirkuit internasional Suzuka, Jepang. Ayumu Iwasa akan mengendari mobil balap tim Visa Cash App Racing Bulls yaitu VCARB01 bermesin Honda RBPT di depan publik serta para penggemarnya.

Ayumu Iwasa akan berdampingan bersama pembalap tim F1 VCARB yaitu Yuki Tsunoda di sesi latihan bebas pertama F1 Grand Prix Jepang 2024. Ia merupakan pembalap muda Jepang binaan Honda dari "Honda Formula Dream Project (HFDP)" dimana ia pertama kali bergabung pada tahun 2019. Iwasa lulus dari Suzuka Circuit Racing School (saat ini Honda Racing School Suzuka / HRS) dengan meraih peringkat teratas pada tahun 2019. Setelah memenangkan kejuaraan F4 Perancis, ia kemudian meneruskan karir balapnya di Eropa. Pada tahun 2021, ia berkompetisi di kejuaraan FIA F3 dan kemudian berkompetisi di Kejuaraan FIA F2 pada tahun 2022-2023. Iwasa kemudian pada tahun 2024 ini berkompetisi di Kejuaraan Super Formula Jepang.

 

Baca lainnya: Menggoyang Mobil Saat Isi Bensin Bikin Hemat? Fakta?

 

Ayumu Iwasa mengatakan “Saya sangat senang bisa berpartisipasi dalam sesi latihan bebas resmi F1. Saya mengambil langkah awal yang sangat penting dimana saya akan tampil di negara asal saya yaitu Jepang. Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih yang kepada semua orang yang telah mendukung saya selama ini. Dalam sesi latihan bebas resmi, saya akan banyak belajar untuk bekal diri saya sendiri mengendarai mobil balap Formula 1. Saya berharap dapat melihat Anda semua di Suzuka."

Laurent Mekkies, Team Principal Visa Cash App Racing Bulls mengatakan “Kami sangat senang Ayumu akan mengendarai mobil kami di FP1 Grand Prix Jepang. Dia akan mengendarai mobil F1 untuk pertama kalinya sejak terakhir kali tampil pada sesi tes akhir musim di Abu Dhabi akhir tahun 2023 dan melakukan pekerjaannya dengan baik. Sejak itu, ia mengambil peran sebagai pembalap simulator dan telah memberikan banyak masukan kepada tim di setiap balapan, termasuk dukungan balapan langsung di pabrik. Pengalaman FP1 ini akan membantu karirnya sebagai seorang pembalap. Saya yakin hal ini tidak hanya akan secara langsung mengarah pada karirnya sebagai seorang pembalap profesional, tetapi juga pekerjaannya di simulator akan dilakukan secara nyata, yang akan mempererat hubungan kerjasama antara dirinya dan para insinyur. Selain itu, Di FP1 GP Jepang akan menjadi sesi yang sangat menarik bagi tim, dimana dua pembalap Jepang, Ayumu dan Yuki Tsunoda akan tampil di depan publik dengan mobil balap bermesin Honda RBPT.”

Koji Watanabe, President of Honda Racing Corporation mengatakan “Saya sangat bangga melihat Ayumu Iwasa mengendarai mobil balap F1 bermesin Honda di depan publik serta penggemar kami di sirkuit Suzuka. Saya juga mengucapkan Terima Kasih kepada tim VCARB yang memberi kesempatan ini kepada Ayumu. Kami juga berharap, Ayumu dapat terus mengejar mimpinya untuk dapat berpartisipasi di ajang balap mobil dunia bersama Honda”.

@copyright PT Prospect Motor