Pengguna Mobil Manual? Berikut Cara Lebih Hemat BBM!

Post, 01 Februari 2024

View: 
40

Mobil manual adalah mobil yang menggunakan tiga pedal dan sistem transmisi manual. Dikatakan mobil manual karena pada sistem kerjanya, Anda harus mengoperasikan pedal kopling dan tuas persneling secara manual agar mobil dapat berjalan. Mobil manual dikenal dengan konsumsi bahan bakarnya yang cukup irit. Tapi bisakah Anda menghemat penggunaan bahan bakar minyak pada mobil manual agar makin irit? Simak cara- cara berikut.

 

1. Pindah gigi pada RPM yang benar

Perpindahan gigi yang tepat akan mempengaruhi keiritan konsumsi BBM. Jika Anda terlalu lama bertahan di gigi rendah dengan kecepatan yang konstan tinggi, otomatis konsumsi BBM akan lebih boros.

Baca lainnya: Pahami Resiko Merokok atau Vaping di dalam Mobil!

 

2. Jangan terlalu sering menginjak rem

Terlalu sering menginjak rem untuk hal yang tidak terlalu penting akan menyebabkan konsumsi BBM lebih boros. Pasalnya setelah menginjak rem, Anda akan menginjak pedal gas kembali untuk melaju, hal ini lya penyebab BBM akan cepat habis. Lebih baik menggunakan rem saat benar- benar diperlukan saja, atau Anda dapat menurunkan kecepatan secara bertahap lalu menginjak rem.

 

3. Perilaku mengemudi yang baik

Hal- hal kecil juga dapat berpengaruh untuk menghemat BBM mobil Anda seperti memarkir kendaraan di tempat teduh, mengisi BBM saat udara tidak terlalu panas,  menggunakan tekanan ban yang sesuai, dan sebagainya.

 

4. Periksa kondisi filter udara

Filter udara yang kotor dan berdebu akan menghambat aliran atau sirkulasi udara menuju ke ruang bakar. Jika aliran udara terhambat, bahan bakar akan sulit terbakar dan terbuang sia- sia sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih cepat habis.

 

Itulah beberapa cara agar mobil manual Anda lebih hemat BBM di era gempuran naiknya harga bahan bakar kendaraan. Anda bisa menerapkan cara ini agar dompet tidak cepat boncos. Semoga membantu!

@copyright PT Prospect Motor