Penting! Simak Fungsi Brake Cleaner Pada Mobil

Post, 05 Maret 2024

View: 
103

"Penting! Simak Fungsi Brake Cleaner Pada Mobil!"

Sistem pengereman pada mobil merupakan salah satu komponen yang amat penting untuk keselamatan berkendara. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga sistem pengereman untuk selalu dalam kondisi yang ideal. Salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan menggunakan brake cleaner atau pembersih rem.

 

Apa itu Brake Cleaner?

Brake cleaner adalah cairan pembersih khusus yang diformulasikan untuk membersihkan berbagai kotoran dan kontaminan pada sistem pengereman mobil, seperti debu, minyak, oli, dan karat. Brake cleaner umumnya tersedia dalam bentuk aerosol kaleng dengan nosel semprot untuk memudahkan penggunaannya.

 

Fungsi Brake Cleaner Pada Mobil:

  1. Membersihkan Kampas Rem dan Rotor Rem: Brake cleaner dapat membersihkan kotoran dan kontaminan yang menempel pada kampas rem dan rotor rem. Hal ini dapat meningkatkan kinerja pengereman dan mencegah terjadinya bunyi decitan saat pengereman.
  2. Mencegah Kerusakan Sistem Pengereman: Kotoran dan kontaminan yang menumpuk pada sistem pengereman dapat menyebabkan kerusakan pada komponen rem, seperti kampas rem, rotor rem, dan kaliper rem. Penggunaan brake cleaner secara rutin dapat membantu mencegah kerusakan tersebut.
  3. Meningkatkan Keselamatan Berkendara: Sistem pengereman yang bersih dan terawat dengan baik dapat meningkatkan keselamatan berkendara. Brake cleaner membantu menjaga sistem pengereman dalam kondisi prima, sehingga pengereman lebih optimal dan responsif.

 

Cara Menggunakan Brake Cleaner:

  1. Pastikan mesin mobil dalam keadaan mati dan rem tangan ditarik.
  2. Lepaskan roda mobil yang ingin dibersihkan.
  3. Semprotkan brake cleaner pada kampas rem dan rotor rem secara merata.
  4. Biarkan brake cleaner bekerja selama beberapa saat.
  5. Gunakan sikat untuk membersihkan kotoran yang membandel.
  6. Lap kering kampas rem dan rotor rem.
  7. Pasang kembali roda mobil.

 

Penting untuk diingat:

  • Gunakan brake cleaner di tempat yang berventilasi baik.
  • Hindari kontak langsung dengan kulit dan mata.
  • Jauhkan brake cleaner dari api dan sumber panas.
  • Gunakan brake cleaner sesuai dengan petunjuk penggunaan.

 

Jika kalian sulit melakukan perawatan kepada sistem pengereman. Kalian bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian.

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

 

@copyright PT Prospect Motor