RUMOR MENGGOYANG MOBIL BISA DAPAT BBM LEBIH BANYAK, LEBIH HEMAT?

Post, 05 Juni 2024

View: 
25

Banyak orang percaya bahwa menggoyangkan mobil saat mengisi BBM dapat membantu menciptakan ruang kosong di dalam tangki, sehingga lebih banyak bahan bakar yang dapat masuk.

Namun, benarkah demikian? kenyataannya tidak sesederhana itu. Tangki BBM modern didesain dengan sistem ventilasi yang canggih. Saat bahan bakar masuk, udara di dalam tangki akan keluar melalui sistem ini. Menggoyangkan mobil tidak memengaruhi sistem ventilasi ini dan tidak akan menciptakan ruang kosong tambahan.

baca juga: Ingin Menghemat Biaya Perawatan Mobil? Begini Caranya

Lebih dari itu, menggoyangkan mobil saat isi BBM justru berbahaya. Hal ini berisiko:

  • Tertumpahnya bahan bakar: Saat mobil digoyangkan, ada kemungkinan bahan bakar yang keluar dari nozzle dan tumpah ke tanah. Hal ini dapat membahayakan keselamatan dan merusak lingkungan.
  • Memicu kebakaran: Uap bahan bakar yang mudah terbakar dapat tersulut oleh api statis atau percikan api dari mesin mobil yang digoyangkan. Hal ini dapat menyebabkan kebakaran yang membahayakan.

Tips Menghemat BBM yang Aman dan Efektif:

Alih-alih menggoyangkan mobil saat isi BBM, ada beberapa tips aman dan efektif yang dapat Anda lakukan untuk menghemat BBM:

  • Mengemudi dengan halus: Hindari akselerasi dan pengereman mendadak. Mengemudi dengan halus dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar.
  • Menjaga tekanan ban: Ban yang dipompa dengan tepat dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Periksa tekanan ban secara berkala dan sesuaikan dengan spesifikasi kendaraan.
  • Gunakan oli yang tepat: Gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan Anda. Oli yang tepat dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan memperpanjang usia mesin.
  • Hindari membawa beban berlebih: Beban yang berat pada kendaraan dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. Hindari membawa barang yang tidak perlu di dalam mobil.
  • Matikan mesin saat berhenti: Jika Anda berhenti sejenak, matikan mesin untuk menghemat BBM. Hal ini terutama penting saat terjebak macet.

Kesimpulan:

Menggoyangkan mobil saat isi BBM tidak terbukti dapat membantu mendapatkan lebih banyak bahan bakar dan menghemat pengeluaran. Justru tindakan ini berbahaya dan tidak dianjurkan.

baca juga: ODOL BISA HILANGKAN BARET MOBIL? CEK FAKTANYA!

Gunakan tips-tips di atas untuk menghemat BBM dengan cara yang aman dan efektif.

Ingat: Menghemat BBM tidak hanya bermanfaat bagi keuangan Anda, tetapi juga berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan.

@copyright PT Prospect Motor