Tips Mencuci Karpet Mobil Tetap Bersih Saat Musim Hujan yang Anti Bau!

Post, 07 Januari 2024

View: 
110

Musim hujan membuat setiap pengendara mobil butuh kesiapan ekstra. Mulai dari tubuh fit agar produktivitas tetap jalan, kondisi prima kendaraan, sampai konsentrasi penuh saat menyetir di tengah hujan. Jangan ketinggalan, kebersihan kabin mobil juga penting untuk kenyamanan Anda saat berkendara loh Sobat Honda!

 

Baca juga: Hindari Kaca Mobil Berjamur Saat Musim Hujan dengan Cara Ini

Salah satunya yang sering dilupakan adalah pentingnya menjaga kebersihan karpet. Di musim hujan, karpet mobil menjadi lebih mudah kotor. Kotoran dari jalanan becek yang melekat pada alas kaki bisa terbawa dan menempel di karpet mobil. Belum lagi, kotoran yang terbawa ketika pintu dan jendela mobil dibuka bisa membekas di karpet.

Hal ini bisa menyebabkan udara dalam kabin menjadi tidak bersih dan menganggu kenyamanan. Nah, agar kenyamanan perjalanan terjaga dan kesehatan keluarga pun selalu terlindungi kondisi karpet harus dijaga. Spesial untuk Sobat Honda, MinHo punya cara-cara membersihkan karpet mobil agar kebersihan terjaga, kualitas dan look pun tetap ciamik. Yuk, disimak!

 

Baca juga: Cara Nyalip Anti Selip!

 

  1. Keluarkan karpet dari dalam mobil

Langkah pertama untuk membersihkan karpet mobil adalah keluarkan karpetnya lebih dulu. Jika karpet dibersihkan dalam keadaan masih berada dalam mobil, kotoran bisa menyebar ke banyak bagian lainnya. Tentu Anda ingin kebersihan menyeluruh, bukan? Yuk keluarkan dulu karpet dari kabin mobil!

  1. Gunakan vacuum cleaner

Alat satu ini boleh jadi senjata utama untuk jaga kebersihan karpet mobil Anda. Dengan vacuum cleaner, Anda bisa mengangkat kotoran debu hingga bagian yang sulit dijangkau. Meski tidak terlihat, kotoran debu ini bisa berbahaya bagi pernapasan pengendara dan penumpang, terlebih jika terkena sirkulasi AC.

Hati-hati jika karpet mobil Anda berbahan beludru! Bahan ini lebih rentan rusak jika disikat atau divakum dengan terlalu kencang.

  1. Bersihkan karpet dengan air

Untuk mengangkat noda menempel, Anda bisa membasuh karpet dengan air mengalir. Jika noda menempel dan bekas lumpur mengerak, gunakanlah air dengan aliran yang kencang. Perhatikan detail dan corak karpet! Usahakan agar semprotan air menjangkau kotoran di sela-sela corak yang kecil, ya Sobat Honda.

  1. Gunakan sampo dan sabun mobil secukupnya

Untuk memaksimalkan kebersihan, Anda bisa mengoleskan sampo atau sabun mobil pada karpet mobil. Selain mengusir noda lumpur mengerak, sampo dan sabun juga lebih efektif mengangkat kuman dan bakteri.

Jangan sembarang pilih produk sampo dan sabun, Sobat. Memang semakin banyak busa, semakin noda mudah terangkat. Tapi usahakanlah untuk memilih produk sampo dan sabun tanpa kandungan detergen agar aman digunakan untuk mobil kesayangan Anda. Terlebih untuk eksterior mobil, bahan detergen malah akan berbahaya bagi kualitas cat bodi mobil.

  1. Sikat karpet dengan sikat lebar

Setelah sampo dioleskan pada permukaan karpet, Anda bisa menyikatnya agar karpet kinclong dari noda lumpur. Kerak lumpur dari alas kaki sering membandel di sela-sela tekstur karpet yang tidak cukup dibersihkan dengan air dan olesan sampo. Dengan menyikat, kerak-kerak tersebut akan lebih mudah terangkat. Gunakanlah sikat dengan permukaan kuas yang lebar agar pembersihan bisa dilakukan secara menyeluruh.

 

Baca juga: Mobil Hybrid Apakah Bisa Digunakan Untuk Menjerjang Banjir?

 

  1. Jemur hingga benar-benar kering

Jika langkah-langkah membersihkan karpet di atas telah Anda lakukan, pastikan Anda menjemur karpet hingga benar-benar kering. Jika karpet dikembalikan ke dalam kabin mobil dalam keadaan masih lembap, malah akan menimbulkan bau tidak sedap, bahkan bisa menjadi tempat tumbuh jamur.

Maka itu, jemurlah karpet di tempat berangin agar proses pengeringannya tuntas. Untuk menjaga warna karpet agar tidak lusuh akibat sering dicuci, usahakan untuk tidak menjemur karpet langsung di bawah paparan sinar matahari.

Itu dia 6 tips membersihkan karpet mobil ala MinHo. Gampang, kan? Oh ya agar bentuk karpet tetap cantik dan awet, pastikan karpet tidak terinjak dalam keadaan masih terlipat ya! Setelah benar-benar kering, pasang kembali karpet di lantai mobil dengan posisi yang benar. Dengan merawat karpet mobil, Anda selangkah maju menuju perjalanan nyaman, serta keluarga sehat di tengah musim hujan!

Untuk Anda yang memerlukan perawatan khusus, bengkel resmi Honda Indonesia selalu setia untuk Anda. Anda bisa melakukan online booking di aplikasi Honda e-Care (tersedia di Google Store dan Apple Store) agar tidak perlu mengantre di area bengkel. Teknisi kami bisa mengunjungi rumah Anda untuk layanan service home atau pick up mobil untuk penanganan lebih lanjut.

 

Yuk tetap fit di tengah musim hujan bersama Honda!

 

Baca juga: Honda Jalin Kerjasama Dengan Isuzu Dalam Uji Coba Truk Berbahan Bakar Hidrogen di Jepang

 

Honda!
The Power of Dreams!

@copyright PT Prospect Motor