Wiper Sehat, Auto Senang!

Post, 17 Januari 2024

View: 
87

Memasuki musim hujan, banyak parts atau komponen mobil yang harus dirawat agar tidak cepat rusak. Walaupun terlihat seperti komponen yang kecil, tetapi jika sudah rusak akan berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Salah satu komponen yang harus dirawat adalah wiper mobil. Wiper sendiri berfungsi untuk membersihkan kaca mobil dari cairan dan air hujan sehingga visibilitas berkendara tidak terganggu. Berikut ini MinHo akan share cara untuk memeriksa kondisi wiper mobilmu:

  • Apakah muncul bunyi atau tidak

Cara mengetahui kondisi wiper masih baik atau sudah usang adalah dengan memperhatikan ketika wiper dinyalakan apakah terdengar bunyi berdecit atau tidak. Jika ya, artinya Anda harus segera memeriksakan lebih lanjut di bengkel terdekat.

  • Cek kelenturan karet wiper

Kondisi wiper yang baik, ditandakan dengan kelenturan karet wiper. Jika saat dipegang, karet wiper terasa keras dan getas, artinya karet wiper sudah tidak layak digunakan atau rusak. Jika karet yang keras masih terus dipakai, akan berakibat kaca mobil tergores.

  • Periksa gerakan wiper

Indikasi wiper yang sudah kurang baik dapat dilihat melalui gerakannya. Cobalah untuk menyalakan wiper dan lihat apakah gerakannya seperti tersendat- sendat. Karena gerakan wiper yang tersendat- sendat akan menyebabkan hasil dari sapuan wiper kurang bersih. Jika terus dibiarkan besar kemungkinan kaca mobil akan terkena jamur kaca.

Baca lainnya: Honda Perkenalkan Logo Masa Depan Untuk Kendaraan Listrik Terbarunya Pada Pameran CES 2024

  • Periksa ukuran karet wiper

Selain itu yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa kondisi wiper dengan melihat ukuran wiper. Jika ukuran karet terlalu panjang, wiper akan bertabrakan dengan wiper disebelahnya. Maka dari itu pastikan ukuran karet wiper sesuai dengan bawaan dari mobil.

Itulah beberapa cara untuk memeriksa kondisi wiper mobilmu. Wiper yang bekerja dengan baik tentu saja akan membuat perjalanmu lebih nyaman. Jika wiper mobilmu memiliki kondisi seperti di atas, langsung periksakan saja mobilmu ke bengkel ya.

Bagi Anda yang memerlukan perawatan khusus, bengkel resmi Honda Indonesia selalu setia untuk Anda. Anda bisa melakukan online booking di aplikasi Honda e-Care agar tidak perlu mengantri di area bengkel. Teknisi kami bisa mengunjungi rumah Anda untuk layanan service home atau pick up mobil untuk penanganan lebih lanjut.

 

Honda!

The Power of Dreams!

@copyright PT Prospect Motor