8 PERALATAN DARURAT WAJIB YANG HARUS ADA DI MOBIL ANDA!

Post, 20 Maret 2024

View: 
35

Mengemudi di jalan raya selalu memiliki potensi risiko, baik itu kecelakaan, mogok, atau kondisi darurat lainnya. Untuk mengantisipasi situasi tersebut, penting untuk selalu membawa peralatan darurat di dalam mobil. Berikut ini kami sudah merangkum beberapa peralatan darurat yang wajib ada di mobil:

1. Kotak P3K:

Peralatan P3K sangat penting untuk menangani luka atau cedera ringan yang mungkin terjadi saat berkendara. Pastikan kotak P3K berisi berbagai macam obat-obatan dan peralatan medis dasar, seperti plester luka, perban, antiseptik, dan obat pereda nyeri.

2. Alat pemadam api ringan (APAR):

APAR dapat membantu memadamkan api kecil yang mungkin terjadi di dalam mobil. Pilihlah APAR dengan ukuran yang sesuai dan pastikan Anda tahu cara menggunakannya dengan benar.

Baca juga: Berbagai Produk Honda dan Acura Raih Tingkat Keselamatan Tertinggi di Amerika Serikat

 

3. Segitiga pengaman:

Segitiga pengaman digunakan untuk memberi tanda kepada pengendara lain bahwa mobil Anda sedang berhenti darurat. Pastikan Anda memasang segitiga pengaman pada jarak yang aman dari mobil Anda.

4. Dongkrak dan kunci roda:

Peralatan ini diperlukan untuk mengganti ban mobil yang bocor atau kempes. Pastikan Anda tahu cara menggunakan dongkrak dan kunci roda dengan benar.

5. Kabel jumper:

Kabel jumper dapat membantu Anda untuk menyalakan mobil lain yang mogok karena aki soak. Pastikan Anda tahu cara menggunakan kabel jumper dengan benar.

6. Senter:

Senter dapat membantu Anda melihat di tempat yang gelap, seperti saat mengganti ban mobil di malam hari.

7. Tool Kit:
Tool kit adalah salah satu perangkat serbaguna yang bisa membantu memperbaiki kendaraan Anda dengan cepat dan mudah.Tool kit yang digunakan pada kendaraan bermotor biasanya berisikan obeng, tang, kunci inggris, kunci pas, selotip, lem besi, lakban, pisau/cutter, senter, dan beberapa perangkat penting lainnya.

Jika Anda merasa perangkat tersebut kurang cukup, siapkan pula beberapa perangkat cadangan seperti busi, minyak rem, dan air bersih. Hanya saja, alangkah baiknya jika tool kit Anda simpan saja di bagasi kendaraan Anda, mengingat perangkat tool kit cukup memakan tempat jika di simpan di dalam kendaraan Anda.

8. Ban Cadangan:

Setiap kendaraan  berjenis roda empat sudah pasti dilengkapi dengan ban cadangan. Meski sudah menjadi perlengkapan standar, kondisi ban cadangan wajib Anda perhatikan agar kondisi ban cadangan prima di saat Anda membutuhkannya. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah pengecekan tekanan angin setiap bulan, pengecekan kondisi alur ban, dan perawatan dengan menggunakan semir ban.

@copyright PT Prospect Motor