Apa itu Brake Pad Kit? Apa Fungsinya?

Post, 20 Oktober 2023

View: 
186

Komponen pengereman merupakan komponen penting yang untuk menunjang keselamatan selama berkendara. Cara kerja sistem pengereman akan diwali ketika pengemudi menginjak pedal rem dan sistem pada mobil akan mendorong cairan melalui jalur rem kepada masing-masing roda. Nantinya sistem rem ini mengubah kinetik mobil menjadi gesekan dan akan menghambat putaran ban, kemudian akan terjadi gesekan ketika cakram pengereman tertekan. 

Didalam sistem pengereman terdapat brake pad atau yang sering disebut sebagai kampas rem, komponen ini terdiri dari pad yang terbentuk karena gesekan pada backing plate saja. Sedangkan brake pad kit merupakan bagian dari sistem pengereman di mobil juga.

Adapun beberapa fungsi dari brake pad ini adalah sebagai berikut:

  • Proses pengereman jadi lebih aman

Bataan rem merupakan pemeran utama supaya kendaraan bisa berhenti. Nantikan rotor rem akan menjepit datara kedua bantalan, hal tersebutlah yang membuat putaran roda jadi berhenti. 

Namun semakin berjalannya waktu dan melakukan pengereman, maka bantalan akan mengalami penyusutan akibat panas dari gesekan selama pengereman. Sehingga jika kalian rasakan saat baru mengganti kampas rem maka cakram akan semakin mudah menghentikan putaran.

  • Pengereman jadi lebih maksimal 

Menggunakan kampas rem dengan kualitas yang baik akan berpengaruh pada daya tahan pengereman juga. Karena bantalan akan menekan cakram logam yang putaranya cepat sehingga dapat menyebabkan berhentinya putaran. Gesekan panas inilah yang perlu ditarik oleh bantalan rem.

Jadi jika kalian menggunakan kampas rem berkualitas, maka tidak akan meninggalkan Manfaat dari brake pad baru adalah pengereman halus yang dapat diandalkan.

  • Dapat mengurangi suara bising

Suara bising yang dihasilkan saat kita menginjak rem biasa dikarenakan kampas rem sudah aus. Suara inilah yang dapat mengganggu pendengaran baik bagi penumpang maupun orang disekitar. Namun beberapa peristiwa, suara decitan atau bising ini muncul untuk menandakan bahwa komponen brake pad perlu diganti. Jika kalian membutuhkan bantuan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor