Bahaya Titik Buta Pada Mobil dan Cara Mengatasinya!

Post, 24 April 2024

View: 
31

Titik blind spot atau titik buta pada mobil merupakan area di sekitar kendaraan yang tidak terlihat oleh pengemudi melalui kaca spion. Hal ini dapat membahayakan keselamatan berkendara karena pengemudi tidak dapat mendeteksi kendaraan lain yang berada di area tersebut.

Sebenarnya apa itu blind spot? blind spot dapat diartikan sebagai area di sekitar mobil yang tidak tercover oleh jangkauan mata karena jarak pandang yang minim sehingga rawan terjadi benturan. Karena potensi bahaya yang dimiliki, saat ini banyak produsen mobil yang mulai mengembangkan teknologi khusus guna mengatasi masalah tersebut. Mulai dari penggunaan kamera 360 tambahan, sensor jarak sampai fitur Lanewatch milik Honda.

 

Baca juga: Tanda Jika Mobilmu Perlu Diservis setelah mudik lebaran

 

Titik Blind Spot Mobil

Seperti telah disinggung sebelumnya, titik blind spot mobil penumpang memang tidak sebanyak kendaraan besar tapi tetap memiliki risiko yang sama. Titik tersebut tersebar di 4 area,

    1. Bagian sisi kanan dan kiri belakang mobil.
    2. 1/4 sisi belakang mobil saat ingin berbelok.
    3. Bagian belakang mobil persis.
    4. Bagian sisi kanan dan kiri depan mobil dekat dengan roda dan bemper.

Bahaya Titik Blind Spot:

  • Kecelakaan: Pengemudi yang tidak menyadari keberadaan kendaraan lain di titik blind spot dapat menyebabkan tabrakan saat berbelok atau berpindah jalur.
  • Kecelakaan saat parkir: Pengemudi yang tidak melihat kendaraan lain di titik blind spot saat parkir dapat menyebabkan benturan atau kerusakan.

Cara Mengatasi Titik Blind Spot:

  • Atur kaca spion: Sesuaikan posisi kaca spion sehingga Anda dapat melihat seluruh area di sekitar mobil, termasuk area blind spot. Pastikan Anda dapat melihat ujung spion luar dari posisi mengemudi.
  • Periksa blind spot sebelum berbelok atau berpindah jalur: Selalu putar kepala ke arah Anda ingin berbelok atau berpindah jalur untuk memastikan tidak ada kendaraan lain di titik blind spot.
  • Gunakan kaca spion tambahan: Anda dapat memasang kaca spion tambahan di pilar A atau di sudut interior mobil untuk memperluas jangkauan pandangan.
  • Gunakan teknologi: Beberapa mobil dilengkapi dengan fitur blind spot monitoring system (BSMS) yang dapat mendeteksi kendaraan lain di titik blind spot dan memberikan peringatan kepada pengemudi.
  • Berhati-hatilah saat mengemudi: Selalu berhati-hati saat mengemudi dan perhatikan kendaraan lain di sekitar Anda.

Tips Tambahan:

  • Hindari berkendara terlalu dekat dengan kendaraan lain: Semakin dekat Anda dengan kendaraan lain, semakin besar area blind spot.
  • Gunakan lampu sein: Selalu gunakan lampu sein saat berbelok atau berpindah jalur untuk memberi sinyal kepada pengemudi lain.
  • Berkomunikasi dengan pengemudi lain: Jaga komunikasi dengan pengemudi lain melalui kontak mata atau gestur untuk memastikan mereka mengetahui keberadaan Anda.
@copyright PT Prospect Motor