Ban Tubeless Mobil Kalian Ingin Tetap Awet? Ikuti Cara Ini

Post, 28 September 2023

View: 
170

Banyak dari pemilik kendaraan lebih memilih menggunakan ban tubeless dari pada menggunakan ban dalam, hal ini dikarenakan banyak keunggulan yang bisa dirasakan. 

Ban tubeless sendiri didesain sebagai ban yang tidak memiliki ban dalam. Ban jenis ini juga sama-sama menggunakan bahan karet seperti ban biasa, namun yang membedakan, ban tubeless dengan ban biasanya, ban jenis ini memiliki lapisan fluid sealant. Lapisan inilah menjaga supaya angin yang ada di dalam ban tidak mudah keluar atau bocor. Sehingga saat kalian merasakan adanya kebocoran atau ban kempes akibat menginjak paku, maka angin didalamnya tidak langsung habis, namun perlahan demi perlahan.

Kelebihan lain dari ban tubeless akan terasa lebih stabil saat kalian mengemudikan kendaraan, karena material karet yang lebih tebal dan keras, menyebabkan daya cengkram terhadap lapisan aspal lebih baik.

Nah, MinHo punya beberapa cara supaya ban tubeless kalian lebih awet saat digunakan, simak baik-baik ya!

  • Cek tekanan angin ban

Hal ini berpengaruh pada daya fleksibel ban serta daya cengkram ban ke aspal. Jika kalian ingin mengetahui tekanan yang ideal biasa sudah dicantumkan pada ban berupa kode angka dan huruf atau kalian bisa lakukan lihat pada buku manual.

  • Cek Sebab Kebocoran Ban

Banyak hal yang bisa terjadi sehingga menyebabkan ban menjadi bocor, biasa dikarenakan ban menginjak benda yang tajam seperti pecahan beling, kawat ataupun paku, saat kalian rasa ada benda tajam yang menancap maka jangan langsung di cabut, namun kalian bisa cari bengkel terdekat dan lakukan penambalan. 

  • Perhatikan bobot yang berlebih

Berikutnya, hal yang tidak kalah penting adalah dengan memperhatikan bobot pada kendaraan kalian, hindari mengangkat beban secara berlebihan, apalagi saat melakukan perjalanan jauh dan membawa barang yang banyak. Hal ini dikarenakan jika kalian membawa muatan berlebih bisa menyebabkan ban mobil jadi cepat aus.

  • Hindari menghantam jalan berlubang

Karena ban tubeless tidak memiliki bantalan pelindung seperti ban dalem, sehingga harusnya perawatan yang dilakukan tidak sulit. Maka kalian perlu pintar-pintar memilih jalan, hindari jalan yang rusak dan berlubang supaya kondisi ban lebih awet.

Dan itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan supaya kondisi ban tubeless kalian jadi lebih awet. Jika kalian membutuhkan bantuan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor