Amankah Mengisi Ulang Air Radiator Dengan Air Aki?

Post, 27 September 2023

View: 
561

Banyak dari pemilik mobil yang bingung jika kehabisan air radiator mobil, namun sebenarnya apakah boleh jika kita kehabisan air radiator dan mengisi ulangnya dengan menggunakan air aki? Boleh saja ya Sobat Honda, namun perlu diperhatikan jenisnya juga. Seperti yang kalian tau saat ini, air aki di pasaran tersedia yang tutup merah dan tutup biru, penggunaan atau peruntukan keduanya pun berbeda berdasarkan kandungan di dalamnya.

Mari kita bahas sedikit perbedaan dua jenis air aki tersebut. Air aki dengan kemasan tutup berwarna merah terbuat dari zat asam sulfat yang mengandung elektrolit, karena sifat asam yang keras bisa membuat besi menjadi leleh. Jadi bayangkan saja jika kalian mengisi ulang air aki ini pada radiator kalian, bisa saja merusak komponen di sekitarnya.

Sedangkan untuk air aki kemasan tutup biru terbuat dari air murni, sehingga akan lebih aman dan tidak mengandung zat yang bisa membahayakan. Air aki tutup biru ini banyak digunakan untuk mengisi ulang air radiator karena tidak mengantuk mineral alam. Selain itu, manfaat lain dari air aki tutup biru dapat mengurangi resiko korosi pada radiator dan saluran lainnya. 

Untuk mengisi air radiator pada saat keadaan darurat bisa kalian ganti dengan beberapa jenis air jika tidak menemukan air coolant. Karena biasa saat melakukan perjalanan jauh, air radiator berkurang akibat penguapan yang terjadi. Namun, dalam keadaan darurat kalian bisa mengganti cairan coolant dengan menggunakan air kemasan atau air murni, air sulingan dan juga air aki tutup biru.

Meski beberapa cairan di atas boleh digunakan sebagai pengganti dari air radiator, namun kalian juga perlu mengecek blok mesin apakah sudah menggunakan alumunium atau masih menggunakan besi. Jika sudah menggunakan blok mesin dari besi, kalian bisa menggunakan air apapun, seperti air keran, air sumur dan sebagainya ke tangki radiator, karena blok mesin dari besi dapat mentoleransi cairan pendingin mesin. Namun, jika blok mesin berbahan aluminium disarankan menggunakan cairan coolant saja. 

Dan itulah pembahasan apakah aman mengisi ulang air radiator dengan air aki. Jika kalian membutuhkan bantuan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

 

@copyright PT Prospect Motor