Berapa lama waktu yang ideal untuk memanaskan mobil?

Post, 12 Februari 2024

View: 
153

Berapa lama waktu yang ideal untuk memanaskan mobil?

Beberapa orang beranggapan bahwa memanaskan mobil dalam waktu yang lama akan membuat mesin menjadi lebih awet dan performanya lebih optimal. Akan tetapi, anggapan ini TIDAK SEPENUHNYA BENAR.

Mesin mobil lama atau masih non-injeksi, biasanya terdapat karburator yang berfungsi untuk mencampur bahan bakar dengan udara didalam mesin pembakar. Untuk mobil yang masih non-injeksi, kalian bisa memanaskan mesin mobil dengan waktu yang tidak cukup lama, bisa dilakukan sekitar 5 menit saja. Karena jika kalian memanaskan mobil pada jangka yang cukup lama akan menyebabkan mobil jadi overheat.

Untuk mobil-mobil keluaran terbaru atau yang sudah menggunakan mesin injeksi, termasuk lini mobil Honda umumnya sudah menggunakan teknologi injeksi bahan bakar. Mobil dengan mesin injeksi sudah terdapat Electronic Control Unit atau ECU yang berfungsi mengatur pembakaran di mesin. Sistem ini secara cerdas mengatur asupan bensin dan udara sehingga mesin cepat mencapai suhu optimal. Maka, memanaskan mobil tak perlu lama-lama.

 

Baca juga:Lakukan Hal Ini untuk Menghemat Biaya Perawatan Mobil Kesayangan Anda!

 

Memanaskan mobil dalam janga waktu yang lama bukan hanya tidak mempunyai manfaat, tetapi juga berpotensi merugikan pemilik. Seperti:

  • Boros bahan bakar, karena mesin menyala dan bensin terbuang percuma.
  • Polusi udara, emisi gas buang akan meningkat, hal ini berkontribusi terhadap pencemaran lingkungan, terutama udara.
  • Kerusakan mesin, oli mesin yang terlalu panas bisa menurunkan kualitasnya dan mempercepat keausan komponen.
  • Busi menjadi cepat kotor.

 

Lalu, berapa lama waktu yang ideal untuk memanaskan mesin?

Dalam keadaan mesin dingin atau cold start, tekan satu kali tombol Engine Start-nya. Setelah 3 – 5 detik, lalu starter mobilnya. Pada umumnya, setiap mobil ketika pertama kali dihidupkan dalam kondisi mesin dingin atau cold start, akan menunjukkan jarum RPM di angka 1 atau lebih. Ini adalah proses otomatis yang membantu mesin mobil mencapai suhu yang optimal untuk digunakan. Ketika proses ini berjalan jangan hidupkan AC terlebih dahulu, karena AC dapat membebani mesin mobil. Sekitar 2 menit atau ketika jarum RPM sudah turun menunjukkan di angka 1 kurang, itu berarti mobil siap digunakan.

 

Jadi, Sobat Honda tidak perlu bingung lagi berapa lama waktu yang ideal untuk memanaskan mobil. Jarum pada RPM bisa jadi acuan berapa lamanya waktu yang ideal untuk mobil dapat digunakan. Lalu, Sobat Honda juga tidak perlu lagi untuk memanaskan mobil dalam jangka waktu yang lama, karena selain tidak bermanfaat, itu juga dapat berdampak merugikan bagi kendaraan.

@copyright PT Prospect Motor