Berkendara Jadi Lebih Ramah Lingkungan? Begini Caranya!

Post, 04 November 2023

View: 
75

Berkendara memang adalah kebutuhan sehari-hari setiap masyarakat. Untuk menjalankan kendaraan mesin pula, memerlukan bahan bakar. Kendaraan yang kita gunakan sendiri akan menghasilkan emisi gas dan dapat menyebabkan polusi udara. 

Karena memiliki dampak yang cukup berpengaruh untuk lingkungan, MinHo punya beberapa tips berkendara ramah lingkungan. Berkendara dengan ramah lingkungan, merupakan salah satu cara mengemudi yang bisa kalian aplikasikan untuk mengurangi dampak buruk bagi lingkungan, mulai dari cara berkendara, menggunakan bahan bakar yang sesuai maupun melakukan service berkala. Beberapa langkah ini dapat membantu dan berkontribusi untuk menjaga lingkungan adalah sebagai berikut:

  1. Hindari melakukan akselerasi tiba-tiba 

Tidak bisa dipungkiri jika cara kita mengemudi juga bisa berdampak pada efisiensi bahan bakar. Saat kalian berkendara dengan melakukan akselerasi dengan berkala dan halus maka dapat mengurangi konsumsi bahan bakar maupun emisi, sebaliknya jika kalian sering menginjak rem ataupun melakukan akselerasi secara tiba-tiba maka konsumsi BBM akan lebih boros dan lebih banyak menghasilkan gas emisi.

  1. Bijak menyetel suhu AC

Meski AC membuat suasana kabin lebih adem dan nyaman, namun penggunaan AC juga bisa berpengaruh pada konsumsi BBM yang di gunakan. Sebaiknya kalian hanya perlu menyetel AC seperlunya saja, supaya udara di dalam kabin juga tetap segar.

  1. Menggunakan Bahan Bakar Berkualitas

Dengan menggunakan bahan bakar berkualitas baik atau menggunakan oktan tinggi dapat membantu mesin bekerja lebih baik, dapat mengurangi konsumsi bahan bakar sehingga emisi yang dihasilkan juga tidak banyak. Tidak ada ruginya jika kalian menggunakan bahan bakar berkualitas baik, karena bisa menjadi investasi jangka panjang untuk kendaraan kalian.

  1. Melakukan Perawatan Berkala

Hal terakhir yang bisa kalian lakukan supaya dapat menjaga lingkungan adalah dengan rutin melakukan perawatan berkala, hal ini bisa menjadi cara supaya bisa lebih irit bahan bakar dan mengurangi gas emisi. Kalian bisa melakukan perawatan seperti penggantian oli dan juga filternya, mengecek sistem pembuangan/knalpot, menjaga kondisi ban dan lainnya.

Dan itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk berkendara lebih ramah lingkungan. Jika kalian membutuhkan bantuan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

 

@copyright PT Prospect Motor