Cuaca Panas Ekstrem, Lakukan Perawatan Ini Pada Mobi Kalian!

Post, 03 November 2023

View: 
106

Cuaca ekstrim telah melanda beberapa negara, salah satu negara yang mengalami dampak dari kemarau berkepanjangan ini adalah Indonesia. Banyak dari beberapa daerah di Indonesia mengalami kekeringan air hingga terjadi kebakaran hutan akibat cuaca yang sangat panas. 

Jika kalian sempat memperhatikan pula, di media sosial sempat ramai mobil terbakar akibat cuaca panas yang terus memancarkan mobil sehingga membuat salah satu komponen terbakar. Untuk menghadapi cuaca panas yang berlebihan, maka MinHo punya beberapa cara merawat mobil kesayangan kalian supaya tetap aman dn nyaman. Adapun beberapa cara yang bisa kalian lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Mengecek bagian sistem pendingin 

Memeriksa bagian pendingin mesin adalah salah satu cara yang bisa kalian lakukan dengan tujuan untuk mencegah mobil mengalami overheat. Karena cuaca yang panas dapat meningkatkan beban dan hal ini bisa menyebabkan mesin lebih panas dari biasanya, sehingga terjadi kerusakan di berbagai komponen. MinHo sarankan kalian sering-sering melakukan pengecekan level cairan pendingin untuk mencegah mobil mengalami overheating saat sedang digunakan. Kalian juga bisa cek kondisi selang dan klip secara teratur, dan pastikan tidak ada tanda-tanda kebocoran. Kemudian yang terakhir, kalian perlu melakukan flush dan penggantian cairan pendingin sesuai dengan intensitas penggunaan mobil kalian.

  1. Periksa Tekanan Ban Mobil Secara Rutin

Pastikan kalian selalu mengisi tekanan ban sesuai yang direkomendasikan pada buku panduan ya Sobat Honda. Karena pada cuaca yang sangat panas tentu saja akan berpengaruh pada tekanan ban, karena ban yang kekurangan tekanan akan lebih boros bahan bakar dan juga akan mempengaruhi kemampuan kendali mobil. Selain tekanan, kalian juga bisa mengecek ketebalan ban, hal ini berpengaruh pada traksi serta daya cengkram kendaraan.

  1. Pastikan Pengereman Berfungsi Dengan Baik

Seperti yang sudah sering dibahas bahwa sistem pengereman merupakan komponen penting untuk menjaga keselamatan kita selama berkendara. Cuaca panas juga bisa berpengaruh pada sistem pengereman, untuk itu kalian perlu melakukan pengecekan secara berkala mengenai ketebalan kampas rem. Hal ini bisa kalian kenali tanda-tandanya, apakah muncul suara decit atau getaran atau tidak ketika melakukan pengereman.

  1. Melakukan penggantian oli mesin secara teratur 

Pada cuaca yang panas, oli yang ada pada mesin dapat mengalami degradasi lebih cepat, sehingga penting bagi kalian mengecek kondisi oli apakah sesuai dengan level atau tidak, perlu dipastikan bahwa oli selalu berada di level yang sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pabrik.

Selain mengecek isinya, kalian juga perlu memeriksa penurunan kualitas oli. Jika terdapat banyak kontaminasi di oli maka perlu bagi kalian melakukan penggantian supaya mesin tetap prima.

  1. Pastikan AC Mobil Berfungsi dengan Baik

Pada cuaca yang sangat panas, AC merupakan komponen yang sangat diperlukan supaya suasana kabin tetap nyaman. Jika AC mobil sudah tidak dingin lagi atau terdengar suara bunyi yang tidak biasa di AC maka bisa saja terjadi kerusakan dalam sistem pendingin mobil.

Itu dia beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk melakukan perawatan mobil disaat cuaca panas melanda. Jika kalian membutuhkan bantuan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor