Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Rotasi Mobil!

Post, 02 November 2023

View: 
92

Ban mobil memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keselamatan berkendara. Oleh karena itu, ban mobil perlu dirawat dengan baik, salah satunya dengan melakukan rotasi ban. Setelah memahami apa itu rotasi ban beserta manfaatnya, saatnya kita membahas cara melakukan rotasi ban.

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan teknik rotasi ban untuk mobil dengan penggerak depan maupun penggerak belakang. Dengan memahami teknik ini, Anda dapat menjaga ban mobil Anda dalam kondisi optimal, sehingga meningkatkan keselamatan berkendara sekaligus performa kendaraan.

Jenis Ban yang Bisa Dirotasi

Sebelum membahas teknik rotasi ban, perlu diketahui bahwa tidak semua jenis ban bisa dirotasi. Ban yang bisa dirotasi adalah ban mobil berjenis full size, sedangkan ban mobil berjenis temporary tidak bisa dirotasi. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kedua jenis ban tersebut:

  1. Ban Full Size

Ban full size memiliki kesamaan baik dari segi bentuk, ukuran, dimensi, hingga pelek yang digunakan dengan ban lain yang sudah terpasang. Ban cadangan jenis full size juga dapat digunakan dalam proses rotasi ban.

  1. Ban Temporary

Ban temporary memiliki perbedaan yang mencolok dengan ban utama yang sudah terpasang pada mobil. Mulai dari bentuk, ukuran, hingga dimensi. Ban temporary biasanya memiliki pelek yang lebih kecil dan digunakan sebagai ban cadangan untuk kondisi darurat.

Jenis Penggerak Mobil

Selain mengetahui jenis ban yang bisa dirotasi, penting untuk juga memahami jenis penggerak mobil. Terdapat dua jenis penggerak utama pada mobil, yaitu penggerak roda depan (FWD) dan penggerak roda belakang (RWD). Berikut penjelasan singkat tentang keduanya:

  1. Penggerak Roda Depan (FWD)

Pada mobil dengan penggerak roda depan, tenaga dari mesin ditransmisikan ke roda depan untuk menggerakkannya. Ban depan bertanggung jawab atas pengereman, manuver, dan traksi saat berkendara.

  1. Penggerak Roda Belakang (RWD)

Pada mobil dengan penggerak roda belakang, tenaga dari mesin ditransmisikan ke roda belakang untuk menggerakkannya. Ban belakang bertanggung jawab atas akselerasi dan stabilitas kendaraan. 

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Rotasi Ban

Rotasi ban sebaiknya dilakukan secara rutin dan berkala. Umumnya, disarankan untuk melakukan rotasi ban setiap 5.000 - 8.000 kilometer atau sesuai dengan rekomendasi produsen kendaraan. Namun, frekuensi rotasi ban ini tentunya juga menyesuaikan dengan intensitas pemakaian mobil itu sendiri.

Kesimpulan

Rotasi ban adalah langkah penting dalam merawat ban mobil Anda. Dalam artikel ini, kita telah membahas teknik rotasi ban untuk mobil dengan penggerak roda depan maupun penggerak roda belakang. Perlu diingat bahwa rotasi ban hanya dapat dilakukan pada ban full size.

Lakukan rotasi ban secara rutin sesuai dengan rekomendasi pabrik, serta percayakan pada bengkel resmi yang memiliki tenaga ahli untuk melakukannya. Dengan melakukan rotasi ban secara tepat dan teratur, Anda dapat memperpanjang usia pakai ban, menjaga performa kendaraan, serta meningkatkan keselamatan berkendara.

Source: Hondabanyuwangi.com

Itu dia penyebab dan tips supaya mobil kalian tetap awet. Jika kalian membutuhkan bantuan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor