Fitur Keselamatan Mobil Honda yang Berguna Saat Musim Hujan

Post, 07 Februari 2024

View: 
31

Awal tahun 2024 ini kita diwarnai dengan musim hujan yang datang kembali. Jalanan yang licin dan jarak pandang yang rendah dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Honda hadir dengan membekali lini mobil-mobilnya dengan berbagai fitur keselamatan canggih yang dapat mengurangi risiko dan melindungi pengemudi dari kemungkinan kecelakaan, agar pengemudi tetap aman meskipun di musim hujan.

Honda Safety Features atau fitur keselamatan mobil Honda merupakan serangkaian fitur – fitur keseamatan yang dirancang untuk membantu pengemudi merasa aman dan melindungi pengemudi dari kecelakaan.

Fitur Keselamatan Honda, diantaranya:

1. Anti-lock Braking System (ABS):

Anti-lock Braking System (ABS) adalah sebuah system yang mencegah roda mengunci ketika dalam pengereman mendadak atau ketika kendaraan melintas di permukaan licin, dan menjaga pengemudi dari potensi kecelakaan yang disebabkan oleh roda yang mengunci atau selip dan menyebabkan kendaraan jadi hilang kendali. Sistem ini bekerja dengan mencegah roda terkunci saat pengereman, ketika pedal rem diinjak, roda dapat terkunci dan menyebabkan ban menjadi selip. Dalam persitiwa ini, bila roda depan terkunci karena pengereman, daya manuver kendaraan akan sangat berkurang dan terkadang hilang sama sekali. Fitur ABS memiliki keuntungan, diantaranya membantu pengemudi tetap mengendalikan kendaraan saat pengereman mendadak di jalan licin dan ABS juga memungkinkan pengereman lebih efektif, dengan jarak pengereman lebih pendek dan kontrol yang lebih presisi.

Cara Kerja ABS:

  1. Ketika pengemudi menginjak peda rem secara mendadak, sensor ABS di setiap roda mendeteksi adanya kemungkinan roda terkunci.
  2. Jika sensor ABS mendeteksi roda yang akan terkunci, system ABS akan mengurangi tekanan hidrolik pada rem roda tersebut.
  3. Tekanan hidrolik kemudian dinaikkan kembali, dan proses ini diulang secara cepat dan berulang kali.
  4. Pengurangan dan penambahan tekanan hidrolik ini menyebabkan roda berputar terputus – putus, sehingga roda tidak terkunci dan pengemudi tetap dapat mengarahkan kendaraan.

 

Baca juga: Jangan Acuh, Segera Lakukan Ini Setelah Mobil Kehujanan!

 

2. Collision Mitigation Braking System (CMBS)

Collision Mitigation Braking System (CMBS) adalah sebuah fitur pengereman secara otomatis dalam kondisi tertentu, dengan cara menggunakan sensor radar atau kamera untuk mendeteksi kendaraan di depan dan secara otomatis akan mengerem jika terjadi potensi tabrakan. Fitur ini sangat baik untuk Anda yang khawatir kelelahan atau mengantuk dan khawatir akan jarak pandang yang pendek ketika musim hujan. Keuntungan CMBS, diantaranya: Membantu pengemudi terhindar dari tabrakan dengan kendaraan yang ada di depan, mengurangi risiko kecelakaan, meningkatkan kemungkinan keselamatan dalam berkendara.

Cara kerja CMBS:

  1. Sensor radar atau kamera di depan mobil akan mendeteksi kendaraan di depan.
  2. CMBS akan menghitung jarak dan kecepatan kendaraan Anda dan kendaraan di depan.
  3. Jika CMBS mendeteksi potensi tabrakan, system akan memberikan peringatan kepada pengemudi.
  4. Jika pengemudi tidak mengambil tindakan untuk menghindari tabrakan, CMBS akan secara otomatis mengerem kendaraan.

 

3. Lane Keeping Assist System (LKAS)

Lane Keeping Assist System atau LKAS adalah sebuah fitur sensor keamanan yang dimiliki Honda untuk membantu pendendara tetap berada di tengah jalur dengan menggunakan fitur Road Departure Mitigation (RDM). Fitur ini akan aktif pada kecepatan 72 Km/h dengan marka jalan yang jelas. Fitur LKAS memiliki beberapa keuntungan, diantaranya: Membantu pengemudi tetap berada di jalurnya, mengurangi faktor kelelahan pengemudi saat mengemudi, meningkatkan keselamatan dalam berkendara.

Cara kerja LKAS:

  1. Kamera di depan mobil akan mendeteksi marka jalan
  2. Fitur LKAS akan menghitung posisi kendaraan di dalam jalur.
  3. Ketika LKAS mendeteksi kendaraan keluar dari jalur, system akan memberikan peringatan kepada pengemudi dengan memberikan getaran dan visual.
  4. Jika pengemudi tidak mengambil tindakan untuk Kembali ke jalur, LKAS akan secara otomatis mengarahkan kendaraan kembali ke tengah jalur.

 

Fitur-fitur yang dihadirkan Honda pada lini mobil-mobilnya bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan stabilitas kendaraan ketika di musim hujan, dan juga memberikan ketenangan dan kepercayaan diri pada pengemudi saat berkendara di kondisi cuaca yang buruk.

Tips:

  • Pastikan selalu memeriksa kondisi kendaraan Anda sebelum berpergian, termasuk ban, rem dan wiper.
  • Gunakanlah lampu kendaraan yang sesuai dengan kondisi cuaca dan jalanan untuk meningkatkan visibilitas ketika berkendara.
  • Perhatikan jaga jarak aman dan kecepatan aman.
  • Tetap hati-hati dan waspada terhadap kondisi jalanan dan cuaca.

 

@copyright PT Prospect Motor