Cara Agar Mobil Transmisi Manual Tak Mundur Ketika di Tanjakan.

Post, 09 Februari 2024

View: 
67

Bagi pengedara dengan mobil manual, tanjakan serinkali menjadi sebuah hal yang menakutkan. Ketakutan akan mobil yang mundur ketika di tanjakkan menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi beberapa pengemudi mobil transmisi manual, terutama ketika kondisi jalan sedang terjadi kemacetan. Honda sudah merangkum beberapa tips agar mobil tak mundur ketika di tanjakkan. Tips ini akan membantu Anda menaklukkan tanjakan.

 

1. Jaga jarak aman dengan kendaraan yang lain dan gunakan gigi rendah:

Untuk mengantisipasi terjadinya tabrakan atau kecelakaan, pastikan sellau memberi jarak yang cukup dengan kendaraan lain saat berkendara di tanjakan. Berikan jarak sebisa mungkin tidak terlalu dekat atau terlalu jauh, dengan itu maka Anda memiliki lebih banyak waktu untuk bereaksi pada sesuatu yang tidak diinginkan. Juga jangan lupa untuk selalu menggunakan gigi rendah, gunakan gigi 1 atau gigi 2 pada saat di tanjakan.

 

Baca juga: Pengguna Mobil Manual? Berikut Cara Lebih Hemat BBM!

 

2. Koordinasi Kaki dan Tangan:

Untuk menguasai tanjakan dengan mobil manual, diperlukan sinergi yang baik antara kaki kiri (di posisi kopling) dan kaki kanan (di posisi rem dan gas). Injak pedal kopling dan rem bersamaan untuk menghentikan mobil di tanjakan. Hal ini ibarat dua orang pria yang menahan beban. Perlu diingat, kaki kanan menginjak rem, dan kaki kiri harus selalu siaga di pedal kopling.

 

3. Lepaskan Pedal Perlahan dan Gas bertahap

Ketika ingin maju, lepaskan pedal rem dan kopling perlahan sambil menambah tekanan pada gas secara bertahap. Bayangkan seperti Anda melepas tali tambang dengan hati-hati sambil menarik tali tambang yang lain secara perlahan. Koordinasi kedua kaki Anda menjadi kuncinya di sini.

 

4. Gunakan Rem Tangan

Injak kopling dan rem bersamaan seperti teknik sebelumnya. Tangan kiri sigap di rem tangan, siap untuk menarik rem tangan. Ibarat seperti melepas jangkar sambil terus mendayung perahu agar melaju secara stabil.

 

Tips Tambahan:

  • Pantau Jarak Aman: Menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan agar ketika sewaktu-waktu mobil di depan mundur, Anda punya ruang untuk bermanuver.
  • Perbanyak berlatih: Latihlah teknik-teknik yang sudah disebutkan tadi di tempat sepi sebelum mempraktekkannya di jalan raya yang ramai.
  • Tetap Tenang dan Fokus: Berusahalah untuk tetap tenang dan fokus agar koordinasi kedua kaki tetap baik.
  • Konsultasi: Jika mobil masih sering mundur meskipun sudah menerapkan teknik-teknik di atas. Konsultasikan mobil Anda dengna bengkel resmi terpercaya untuk pemeriksaan kopling dan system pengereman.

 

Dengan pemahaman dan melatih teknik secara rutin dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam berkendara di tanjakan yang sedang terjadi kemacetan. Koordinasi kaki yang baik, pemilihan gigi yang tepat, ketenangan dan fokus menjadi kunci utama. Lalu pastikan juga Anda melakukan pengecekan rutin mobil Anda.

@copyright PT Prospect Motor