Handbrake Kalian Macet? Tidak Perlu Panik, Ini Penyebabnya!

Post, 24 November 2023

View: 
100

Handbrake adalah salah satu komponen pada sistem pengereman yang memungkinkan roda penggerak terkunci saat sedang berhenti atau parkir. Sekarang ini dengan bertambah canggihnya mobil-mobil, ada 2 jenis handbrake yaitu manual dan elektrik atau yang sering disebut sebagai electric parking brake. Pada handbrake manual biasa pengorpasiannya menggunakan tuas, sedangkan untuk yang handbrake yang sudah elektrik akan menggunakan tombol yang bertanda P.

Manfaat lain dari handbrake selain untuk menahan mobil saat parkir, bisa dimanfaatkan saat terjadi rem blong. Namun penggunaan handbrake saat rem blong perlu disesuaikan dengan cara pengemudi mengontrol setir. Nah, karena handbrake adalah salah satu komponen yang sering digunakan, maka tidak heran jika komponen ini mengalami masalah. Untuk itu mari kita bahas satu per satu penyebabnya.

  • Kabel handbrake aus

Kabel handbrake sendiri dirancang terhubung dengan sistem pengereman belakang. Sehingga saat kabel handbrake ini putus maka handbrake akan tidak berfungsi dengan baik atau penyebab dari kabel yang putus bisa menyebabkan hilangnya tekanan pada rem.

  • Tuas rem karat/kotor 

Mungkin bagi sebagian dari kalian sering panik saat handbrake sulit dioperasikan atau macet. Karena biasa penyebabnya karena tuas karat atau terjadi penumpukan kotoran sehingga tuas sulit digerakan. 

Permasalahan ini biasa terjadi saat mobil jarang digunakan atau mobil jarang dibersihkan.

  •  Rusaknya tuas handbrake 

Kemudian penyebab berikutnya handbrake bisa macet adalah handbrake mengalami kerusakan akibat tuas kendor atau aus akibat waktu pemakaian yang terus menerus.

  • Piringan rem tergantung

Pada beberapa mobil terdapat piringan rem yang tergantung pada handbrake. Jika kerusakan terjadi pada kaliper yang berperan untuk mengendalikan piringan rem, maka handbrake bisa jadi tidak berfungsi dengan baik.

Ada banyak penyebab lainnya yang mungkin bisa terjadi, karena handbrake adalah salah satu komponen penting untuk keselamatan berkendara maka perlu sesering mungkin kalian melakukan perawatan. Kalian bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor