Komponen Ini Bisa Rusak, Jika Kalian Sering Melintasi Jalan Tidak Rata!

Post, 23 November 2023

View: 
82

Mengendarai mobil dijalan yang bagus atau mulus memang lebih nyaman dibandingkan harus melewati jalan yang rusak, namun bila kalian terpaksa sering melewati jalan yang rusak perlu dipertimbangkan baik-baik beberapa kerusakan yang bisa terjadi pada mobil kalian.

Apalagi mobil-mobil yang didesain untuk berjalan di kota dan kalian gunakan untuk melintasi jalan yang rusak, irabatnya kalian menggunakan kendaraan yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Sehingga perlu ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan seperti: 

  • Bagian kaki-kaki mobil

Banyak sekali komponen yang ada pada kaki-kaki mobil, seperti shockbreaker, tie rod, ball joint, rack steering. Beberapa komponen ini bertugas untuk mengatur kemudi supaya kendaraan bantingan atau saat mobil berbelok seisi abin tetap terasa nyaman. 

Jadi ketika kalian melewati jalan yang rusak sudut toe in dan toe out bisa mengalami perubahan, bisa ditandai dengan setir berbelok sendiri.

  • Ban dan velg

Ban dan velg merupakan komponen yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan sehingga saat kalian melewati jalan yang rusak, komponen ban inilah yang sangat sering terjadi kerusakan. Sehingga dirancang dengan komposis menggunakan bahan dasar karet yang elastis. Meski begitu tetap saja karet bisa mengalami robek, pecah ataupun aus saat melewati jalan yang rusak. 

Sedangkan velg dapat berfungsi supaya ban tetap berada pada posisinya, sehingga saat menghantam jalan yang berlubang/rusak bisa menyebabkan velg penyok. Hal ini sangat membuat kemudi tidak nyaman dan vatalnya dapat menyebabkan kecelakaan karena setir sulit di kontrol.

  • Sistem Pengereman

Sistem pengereman mobil memiliki peran untuk mengendalikan laju dari kendaraan. Didalam sistem pengereman terdapat beberapa komponen juga, seperti disc brake, selang-selang, kampas rem dan sebagainya. Kerusakan pada komponen-komponen ini bisa terjadi ketika kalian melewati jalan yang rusak. 

Nah, MinHo saranin sehabis melewati jalan-jalan yang rusak, sebaiknya kalian melakukan service berkala pada beberapa komponen yang sudah dibahas tadi. Kalian  bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor