Penyebab Mobil Tidak Bisa Jalan, Padahal Gigi Sudah Masuk?

Post, 22 November 2023

View: 
183

Permasalahan persneling mobil yang macet sangat mengganggu penggunaan mobil manual, pasalnya jika kalian ingin menjalankan mobil manual maka perlu memasukan gigi 1 terlebih dahulu baru mobil dapat dijalankan. 

Persneling yang ada pada mobil manual dimaksudkan untuk mengatur kecepatan mobil. Adapun beberapa tips jika kalian ingin melakukan perpindahan gigi sesuai kecepatan adalah berikut:

- Gigi 1: Dapat digunakan untuk awal mobil ingin dijalankan hingga kecepatan 20km/jam. 

-Gigi 2 dan gigi 3: biasa digunakan untuk mengemudi pada keadaan lancar dengan maksimal kecepatan hingga 50 km/jam 

- Sedangkan untuk gigi 4 dan 5: biasa digunakan saat melintasi jalan tol dengan kecepatan diatas 80 km/jam

Tapi, MinHo saranin kalian tetap jaga kecepatan sesuai yang diterapkan oleh aturan yang ada ya. Dan beberapa tips di atas hanya rekomendasi dari MinHo untuk kalian yang baru belajar mobil manual, namun semua bisa kalian sesuaikan lagi sesuai dengan keadaan di jalan.

Setelah membahas mengenai fungsi-fungsi dari persneling 1 sampai 5, maka kali ini beberapa permasalahan yang bisa menyebabkan kerusakan pada persneling mobil kalian.  

1. Kampas kopling sudah menipis

Fungsi dari kampas kampas kopling sendiri adalah sebagai pemutus maupun penghubung tenaga dari mesin ke transmisi. Jika kondisi kampas kopling sudah menipis, maka tidak ada penghubung ke penggerak mobil.  Sehingga menyebabkan perpindahan gigi jadi tidak optimal.

2. Jarak pedal kopling (free play)  tidak sesuai

Jika kalian pengguna mobil manual pasti mengetahui kondisi kopling yang terlalu jauh atau terlalu pendek. Namun, ternyata ukuran jarak ini berbeda-beda setiap mobil. Maka jika ukurannya tidak sesuai atau terasa berat maka perpindahan gigi jadi tidak masuk atau menjadi tersendat.

  1. Rusaknya kabel persneling

Kerusakan kabel perseneling atau kopling bisa disebabkan akibat usianya yang sudah usang ataupun kondisi persneling akibat kondisi cuaca.

Nah cara yang bisa kalian lakukan untuk mencegah kerusakan pada koping adalah dengan melakukan perawatan berkala, mengganti oli transmisi jangan menunggu oli sampai kering karena menyebabkan mobil tidak bisa berjalan.

Dan pastinya jika kalian membutuhkan pertolongan ataupun service pastinya perlu di bawa ke bengkel resmi. Kalian bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor