Kaki-kaki Mobil Kalian Berisik? Cek Komponen-komponen ini!

Post, 21 November 2023

View: 
78

Jika kalian sering mengalami kaki-kaki mobil berisik saat jalan rusak atau melewati polisi tidur maka perlu kalian cek, ini bisa menjadi indikasi terjadi sebuah permasalahan. Hal ini pasti bukan hanya mengganggu kenyamanan kalian selama berkendara tetapi juga dapat mengganggu keselamatan kalian lho. 

Ketika mobil kalian sudah mengalami tanda-tanda seperti di atas sebaiknya kalian mengecek beberapa komponen berikut ini. 

  • Shockbreaker

Indikasi kerusakan pertama bisa saja terjadi pada komponen yang satu ini. Untuk mengecek dari kinerja komponen ini bisa kalian bisa mencoba jalan melewati jalan yang tidak rata, maka bisa terasa ayunan dari shock. Jika kalian rasakan setelah melewati jalan tak rata namun mobil mengayun maka dapat dipastikan terjadi kerusakan pada komponen ini.

  • Komponen long tie rod

Seperti yang sering dibahas sebelumnya bahwa long tie rod bekerja sama sehingga gerak kaki-kaki pada mobil bisa selaras dengan setir saat berbelok. Long tie rod sendiri terdiri dari beberapa komponen, sehingga saat salah satu komponen mengalami kerusakan akan menyebabkan bunyi gluduk-gluduk di mobil. 

Selain terdengar bunyi yang mengganggu, kalian akan menjadi kesulitan dalam mengendalikan  mobil atau lebih berat. Kerusakan ini biasa terjadi karena cara mengemudi saat melewati jalan yang rusak.

  • Komponen bushing stabilizer

Bushing stabilizer merupakan sebuah komponen yang berperan untuk menyeimbangkan suspensi yang terdapat pada kanan dan kiri mobil. Nah, dengan seiring waktu penggunan mobil, maka komponen ini bisa saja terjadi kerusakan.

  • Bushing arm

Komponen bushing arm berperan untuk menahan getaran ban dan mesin mobil. Bushing arm yang sudah tipis bisa menimbulkan bunyi yang mengganggu di kaki-kaki mobil. Jangan tunggu komponen ini benar-benar rusak ya sobat Honda, karena jika sudah rusak atau karetnya sudah hilang dan tidak ada, maka kalian perlu mengganti bushing arm yang baru.

Jangan menunda untuk melakukan perbaikan terhadap komponen-komponen diatas, jika kalian ingin berkendara dengan nyaman dan aman maka perlu melakukan perawatan khusus terhadap mobil. Jika kalian membutuhkan bantuan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor