INI PENYEBAB OLI ANDA JADI CEPAT HABIS!

Post, 26 Maret 2024

View: 
21

Oli mobil berperan vital dalam menjaga mesin agar tetap awet dan berfungsi optimal. Namun, terkadang kita mendapati oli mobil cepat habis padahal belum waktunya ganti. Wah, jangan dibiarkan! Ada beberapa penyebab oli mobil cepat habis yang perlu Anda waspadai.

1. Oli Jarang Diganti

Oli mesin yang jarang diganti juga menjadi penyebab cepatnya oli mesin habis. Jika dibiarkan terlalu lama, hal ini akan mempengaruhi volume oli mesin dan lama kelamaan oli akan habis.

2. Ring Piston Sudah Rusak

Ring piston atau ring seher berfungsi sebagai pembatas antara dinding silinder dengan piston yang bertujuan untuk mencegah pencampuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang oli. Jika ring piston rusak atau kendur, akan menyebabkan kendaraan mengeluarkan asap berlebih dan mempercepat berkurangnya oli mesin.

 

Baca juga: Jangan Lakukan Ini Agar Velg Tidak Rusak!

 

3. Penguapan

Seperti cairan pada umumnya yang mudah menguap, oli mesin juga dapat menguap sehingga volumenya dapat berkurang dan cepat habis.

4. Seal Oli Yang Bocor

Seal oli yang bocor atau rusak juga bisa menjadi salah satu penyebab oli mesin cepat berkurang. Jika oli mesin meluber, dikhawatirkan oli akan masuk ke ruang karburator dan filter udara yang akan menyebabkan mesin mengeluarkan asap putih.

5. Konsistensi Oli Mesin Yang Tidak Sesuai

Mengganti oli mesin tidak bisa sembarangan, karena setiap mobil memiliki spesifikasi tertentu untuk oli mesin yang digunakan. Konsistensi oli dan spesifikasi mesin harus sesuai untuk memaksimalkan kinerja oli pada suhu tertentu.

 

Maka dari itu mengganti oli mesin secara berkala akan sangat berpengaruh kepada kondisi mesin mobil kesayanganmu agar tetap prima. Bagi Anda yang memerlukan perawatan khusus, bengkel resmi Honda Indonesia selalu setia untuk Anda. Anda bisa melakukan online booking di aplikasi Honda e-Care agar tidak perlu mengantri di area bengkel. Teknisi kami bisa mengunjungi rumah Anda untuk layanan service home atau pick up mobil untuk penanganan lebih lanjut.

@copyright PT Prospect Motor