Jangan Didiamkan Begitu Saja! Ini Gejala Kerusakan Transmisi Mobil

Post, 07 Oktober 2023

View: 
127

Komponen transmisi pada mobil mungkin saja bisa terjadi kerusakan dan kerusakan yang dimaksudkan bukan berarti transmisi jadi tidak bisa langsung digunakan. Mungkin bagi sebagian orang tidak menyadari gejala yang terjadi, sehingga akan berbahaya jika menunggu transmisi sudah rusak dan kendaraan tidak bisa berjalan lagi. Pada dasarnya transmisi merupakan komponen penting yang memiliki peran untuk menyalurkan tenaga pada roda kendaraan. Sehingga Dapat dipastikan saat kerusakan terjadi maka mobil tidak bisa jalan meski mesin sudah menyala. Jangan biarkan gejala ini menjadi kerusakan yang fatal untuk mobil kalian ya Sobat Honda, sebab biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki transmisi cukup mahal. Adapun beberapa gejala yang bisa kalian kenali sebagai tanda kerusakan pada komponen transmisi, sebagai berikut: 

  • Sulit Melakukan Perpindahan Gigi

Gejala kerusakan transmisi pada transmisi yang pertama ialah sulit melakukan perpindahan gigi, pada mobil dengan transmisi manual akan terasa pada bagian tuas kopling. Sedangkan untuk mobil matik akan terasa pada kecepatan tertentu, sebagai contoh Seharusnya di rpm 2.000 ke atas sudah berganti gigi, namun tetap di posisi gigi 1 sehingga mesin mobil terasa menggerung. 

  • Terjadi Kebocoran Oli

Kalian bisa mengenali kebocoran dengan melihat bagian kolong mobil dan biasa berasal dari bak oli, sering dibahas juga kebocoran ini bisa juga disebabkan karena seal sudah getas. Sehingga kalian perlu melakukan perhatian secara lebih, karena jika oli yang rembes ini didiamkan pada waktu lama bisa berbahaya untuk transmisi. Karena transmisi tidak terlumasi dengan baik, maka dapat menyebabkan plat kopling jadi gosong. Kalian bisa mengecek kondisi oli melalui dipstick yang terdapat di dekat mesin ya Sobat Honda.

  • Response Mesin Telat

Response mesin yang telat adalah gejala yang cukup mengindikasikan adanya kerusakan di bagian transmisi, hal ini bisa kalian rasakan ketika posisi transmisi dipindahkan ke D namun mobil tidak langsung bergerak. Jika kalian sudah mengalami hal seperti ini MinHo sarankan segera datang ke bengkel resmi ya!

  • Terasa Ada Hentakan

Berikutnya, kalian bisa rasakan terjadi hentakan saat memindahkan transmisi dari P ke D, karena normalnya tidak ada hentakan dan bergerak secara mulus saja. Sehingga jika terasa adanya hentakan maka bisa saja menjadi gejala kerusakan transmisi pada mobil matik. Karena normalnya perpindahan gigi dari P ke D atau dari D ke R tidak akan ada hentakan sama sekali pada mobil. 

Dan itulah beberapa gejala kerusakan pada komponen transmisi, kalian sudah melakukan perawatan belum? Jika kalian membutuhkan bantuan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor