Kenali Gejala Kerusakan pada Rem Mobil! Tidak Hanya Berdecit Saja

Post, 06 Oktober 2023

View: 
181

Rem memang salah satu komponen keselamatan yang ada di mobil, dengan adanya rem pasti setiap perjalanan akan lebih aman. Sehingga perlu melakukan perawatan pada komponen pengereman jika dirasa sudah tidak baik kondisinya. Karena jangan sampai kalian melakukan penghematan, namun justru dapat membahayakan keselamatan kalian. Kalian bisa mengecek kondisi ban dengan mulai memperhatikan ketebalan dari kampas rem atau mengecek bagian minyak rem. Selain beberapa hal itu, adapun beberapa gejala yang bisa kalian kenali yang menandakan bahwa terjadi kendala pada bagian pengereman.

  • Terjadi Getaran Saat Menginjak Rem 

Untuk mobil yang sudah berumur tua mungkin hal ini adalah hal yang biasa dirasakan ya, apalagi jika kalian melakukan pengereman dengan kecepatan 60-80 km/jam. Hal ini dikarenakan permukaan cakram yang menempel pada bagian hub roda tidak semaunya rata. Dan bisa juga disebabkan karena hub roda yang sudah haus, sehingga akan menimbulkan getaran saat menginjak rem. 

  • Lampu Rem Terus Menyala

Tanda selanjutnya bisa kalian kenali saat lampu rem terus menyala padahal pedal rem tidak diinjak. Beberapa pihak menyatakan kerusakan ini terjadi akibat kurangnya minyak rem ataupun jika dirasa minyak rem dirasa pada batas ajar maka bisa kalian cek pada bagian switch rem.

  • Pedal Rem Keras Ketika Diinjak

Pedal rem yang keras saat diinjak bisa dikarenakan umur yang sudah tuda ataupun akibat dari komponen yang tidak terawat, namun bukan hanya itu saja. Bisa jadi dikarenakan bagian selang vakum rem yang tersumbat oleh tumpukan kotoran, kemudian bagian pelapis pada booster rem sudah rusak juga bisa jadi penyebab pedal rem menjadi keras saat diinjak atau bahkan penyebab umum yang sering terjadi ialah kampas rem yang sudah aus atau tipis.

  • Rem Mengeluarkan Bunyi Decitan

Gejala yang paling sering kalian alami pada sistem rem adalah bunyi decitan saat rem diinjak. Hal ini cukup mengganggu kenyamanan kalian selama berkendara, beberapa sumber mengatakan munculnya suara decitan ini disebabkan oleh gesekan antara piringan cakram dengan kampas rem. 

Dan itulah pentingnya perawatan komponen pengereman mobil, kalian sudah melakukan perawatan belum? Jika kalian membutuhkan bantuan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor