Jarang Ganti Minyak Rem? Ini Efek Sampingnya!

Post, 17 November 2023

View: 
81

Hallo Sobat Honda. Pada artikel kali ini kita akan membahas seputar sistem pengereman pada mobil yuk! Simak hingga selesai ya.

Sebelumnya, MinHo mau tanya, Kapan terakhir kalian mengganti minyak rem mobil kalian? Siapa yang sudah lebih dari 3-5 tahun belum menggantinya? Perlu kalian ingat karena fungsi rem cukup krusial maka kalian perlu melakukan perawatan secara berkala ya supaya mobil tetap aman saat digunakan!

Pada dasarnya fungsi utama dari minyak rem adalah untuk mendorong piston yang ada pada kaliper rem, dorongan itulah yang menyebabkan kampas terjepit ke cakram sesuai dengan tekanan pada tuas. Fungsi minyak rem ini sebenarnya mirip dengan oli, yaitu untuk melumasi dan mengurangi panas saat terjadinya gesekan. 

Efek dari minyak rem mobil yang jarang diganti adalah sebagai berikut: 

  • Akibat panas yang ditimbulkan dari proses pengereman, maka kandungan minyak bisa menjadi rusak 
  • Akan muncul partikel-partikel seperti karet, kotoran atau partikel besi yang akan menyebabkan munculnya karat sehingga kontaminasi minyak dengan partikel-partikel inilah yang menyebabkan menurunnya kinerja rem.
  • Proses saat melakukan pengereman akan menghasilkan kelembaban yang menyebabkan rem jadi berkarat dan juga titik didih minyak rem jadi turun.

Dari ketiga efek samping yang sudah disebutkan diatas bisa menyebabkan rem jadi tidak pakem atau bahkan menyebabkan rem blong. Sehingga sangat rentan terjadinya kecelakaan saat berkendara. Adapun beberapa ciri dari minyak rem mobil yang rusak adalah:

  1. Rem jadi blong 

Karena peran rem yang sebenarnya untuk mengurangi atau mengendalikan kecepatan, maka saat kualitas dari minyak rem kurang baik akan menyebabkan kinerjanya kurang baik. Hal yang bisa terjadi adalah rem akan terasa blong saat melewati turunan.

  • Nyalanya lampu indikator rem

Lampu indikator yang nyala adalah salah satu informasi yang menandakan bahwa terjadinya permasalahan pada komponen-komponen pengereman, saat kualitas minyak rem sudah buruk maka penting bagi kalian untuk mengecek dan mengganti minyak rem.

  • Minyak rem menetes 

Cara paling mudah mengetahui adanya kerusakan bisa kalian lihat saat ada tetesan minyak rem pada mobil kalian, teksturnya akan terasa lengket dan kental/pekat.

Nah, sekarang pertanyaan berikutnya adalah. Kapan sih waktu yang tepat untuk mengganti minyak rem ini? 

Kalian bisa mengganti sesuai dengan buku panduan yang kalian dapatkan saat pertama kali membeli mobil, kalian juga bisa lakukan penggantian minyak rem setelah 40.000km dan yang terakhir kalian bisa ganti minyak rem berdasarkan waktu pemakaian yaitu setelah 1-2 tahun.

Dan itulah efek samping jika kalian jarang mengganti minyak rem! Jika kalian membutuhkan bantuan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor