Kenali Beberapa Ciri Kerusakan pada Komponen Thermostat

Post, 12 September 2023

View: 
134

Pada dasarnya komponen thermostat sendiri berperan penting dalam sistem pendinginan mesin mobil. Thermostat sangat berguna untuk mengatur sirkulasi cairan pendingin mesin sehingga tetap berada pada suhu ideal supaya mobil tidak mengalami overheat. Sehingga jika komponen thermostat ini rusak maka mesin mobil akan sulit mencapai suhu ideal yang menyebabkan kinerjanya jadi turun.

Ciri dari thermostat mengalami kerusakan sesungguhnya perlu dideteksi sejak awal, karena sangat bahaya jika dibiarkan begitu saja, bisa menyebabkan mesin mobil jadi jebol. Adapun beberapa masalah yang perlu kalian ketahui sebagai tanda komponen thermostat rusak:

  • Penggunaan BBM Boros

Suhu mesin yang tidak ideal akan membuat konsumsi bahan bakar kendaraan jadi lebih boros, hal ini akibat mesin sulit mencapai suhu ideal karen air pendingin yang terus bersirkulasi melalui radiator. Karena pada saat suhu mesin dingin, jumlah bahan bakar yang di semprotkan ke dalam ruang pembakar akan lebih banyak dibanding saat mesin dapat mencapai suhu kerja yang normal. Sehingga dapat disimpulkan jika mesin belum juga mencapai suhu yang ideal maka konsumsi BBM akan jauh lebih boros.

  • Sulit Mencapai Suhu Mesin yang Ideal

Akibat kerusakan pada komponen thermostat maka dapat menyebabkan mesin membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai suhu ideal, terutama pada saat pagi hari saat kondisi mesin masih belum panas dan cenderung dingin. Penyebabnya adalah thermostat dalam kondisi terbuka yang mengakibatkan mesin jadi lama mencapai suhu ideal.

Cairan pendingin mesin yang seharusnya tidak bersirkulasi sebelum mencapai suhu tertentu, namun sudah teralirkan kembali ke radiator akibat thermostat terbuka. 

  • AC Mobil Menjadi Tidak Dingin

Tanda berikutnya yang bisa kalian kenali saat terjadi kerusakan thermostat adalah AC mobil tidak lagi dingin saat digunakan. Kondisi ini merupakan dampak dari komponen thermostat yang tertutup dan akan menimbulkan mesin jadi panas.

  • Terjadi Overheat pada Mesin

Gejala yang sering muncul akibat thermostat rusak adalah mesin mobil yang mengalami overheat, yaitu hal ini terjadi saat mesin mobil mengalami panas yang berlebihan sehingga bisa menyebabkan mobil jadi mogok, bahkan bisa juga terjadi kerusakan komponen lain didlamnya.

Dan itulah beberapa ciri kerusakan yang terjadi pada komponen thermostat. Jika kalian membutuhkan bantuan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

 

@copyright PT Prospect Motor