Kunci Mobil Tersangkut? Ini Dia Solusinya!

Post, 29 Desember 2023

View: 
118

Karena buru- buru mau keluar mobil saat mau mencabut kunci, akhirnya kunci mobil malah tersangkut. Ada- ada saja cobaan hidup. Kalau dicabut paksa khawatir kunci akan patah di dalam dan hal ini akan memperburuk keadaan. Sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kunci mobil tersangkut. Apa  saja penyebabnya? Mari simak ulasan berikut:

  1. Transmisi Belum Netral 

Penyebab yang sering terjadi ketika kunci mobil tersangkut adalah posisi transmisi yang belum netral. Agar kunci bisa dicabut, posisi transmisi harus berada di posisi N (netral) atau P (parking).

  1. Kunci Mobil Bengkok

Kunci mobil yang sering dicabut secara paksa atau kasar, lama- kelamaan akan membuat kunci menjadi aus dan mudah bengkok. Hal ini akan membuat kunci jadi tersangkut dan susah dicabut.

  1. Silinder kontak bermasalah

Selain kunci yang bermasalah silinder kontak juga dapat rusak dan menjadi penyebab kunci tersangkut. Silinder kontak atau silinder kunci kontak merupakan tempat untuk memasukkan kunci mobil. Silinder kontak yang bermasalah mengakibatkan endapan debu yang masuk kedalam silinder kontak atau pegas yang tidak sejajar.

  1. Sistem kemudi terkunci

Kunci kontak yang tersangkut juga dapat disebabkan karena sistem kemudi yang terkunci, walaupun sebenarnya fitur penguncian kemudi ini sangat berguna untuk keamanan mobil.

 

Baca lainnya: Apa Itu Kickdown? Bagaimana Cara Menggunakannya?

 

Lantas bagaimana cara mengatasi kunci mobil yang tersangkut?

  1. Mengaktifkan rem tangan

Pastikan rem tangan sudah aktif agar mobil tidak bergerak saat mencabut kunci.

  1. Menekan dan memutar kunci secara perlahan

Cara lain yang dapat digunakan adalah menekan kunci dan memutar kemudi secara perlahan kearah kiri dan kanan untuk mencari celah agar kunci dapat diputar.

  1. Memeriksa posisi transmisi

Pastikan posisi transmisi sudah tepat yaitu harus berada di posisi N (netral) atau P (parking) agar kunci dapat dicabut.

  1. Memberikan pelumas dibagian silinder kontak  

Semprotan pelumas pada silinder kontak dan tunggu kurang lebih 3-5 menit, lalu cobalah untuk memutar kunci secara perlahan ke kiri dan kanan untuk mencabut kunci.

Jika kalian butuh pertolongan atau ingin melakukan perawatan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian.

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor