FUN FACT! Ini Dia Arti Sebenarnya dari Huruf E Pada Indikator BBM

Post, 28 Desember 2023

View: 
102

Lagi asik- asik berkendara tiba- tiba indikator BBM sudah berada di posisi E. Mau isi bensin tapi SPBU masih jauh? Siapa nih yang pernah merasakan hal yang sama? Kondisi seperti ini kadang suka bikin deg- degan karena kita pasti khawatir jika kendaraan akan mogok di tengah jalan lantaran bahan bakar telah habis.

Seperti yang sudah kita ketahui terdapat 2 huruf pada indikator BBM yaitu huruf E dan F. Banyak yang mengira bahwa huruf E pada indikator BBM merupakan Empty atau BBM sudah habis. Sebenarnya huruf E pada indikator BBM merupakan Emergency sedangkan huruf F adalah Full. Huruf E yang berarti Emergency bertujuan untuk menginformasikan keadaan darurat bahwa bahan bakar kendaraan sudah minim dan mengingatkan pengendara untuk segera mengisi BBM di SPBU terdekat.

 

Baca lainnya: Bener Ga Sih BBM dari All New CR-V Hybrid Sangat Irit?

 

Jadi berapa sih jarak yang dapat ditempuh ketika indikator BBM sudah berada di posisi E? Sebenarnya ketika indikator BBM berada di posisi E tangki bensin tidak sepenuhnya habis atau kosong melainkan masih tersisa 10% atau kurang lebih 6 liter tergantung dari jenis kendaraan.

Hal ini dapat terjadi karena setiap kendaraan memiliki RES atau reservoir yang berfungsi untuk menampung cadangan bahan bakar dalam tangki. Cadangan bahan bakar yang tersimpan dalam RES dapat digunakan dalam jarak 30 km hingga 60 km dalam kondisi normal. Namun ada beberapa faktor yang dapat memperpendek jarak tempuh tersebut, seperti tekanan udara pada ban, beban kendaraan, dan kondisi jalanan yang ditempuh.

Jadi jika indikator BBM kendaraanmu sudah berada di huruf E, lebih baik segeralah mengisi bahan bakar dan jangan memaksakan berkendara karena akan menyebabkan kerusakan.

Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor