Sebaiknya Saat Memanaskan Mobil Matic Persneling berada di Posisi N atau P?

Post, 27 Desember 2023

View: 
68

Berbeda halnya dengan sistem transmisi manual dari sistem kerja mesin pun juga berbeda. Banyak beredar juga perbedaan cara memanaskan mobil manual dan juga matic.

Beberapa orang mengatakan bahwa ingin memanaskan mobil matic, tuas harus berada di posisi N supaya oli tetap bekerja untuk melumasi komponen pada mesin dan juga transmisi. Alasan transmisi tidak berada di posisi P maka pompa oli tidak bekerja melumasi komponen pada sistem transmisi. Sehingga bisa menyebabkan transmisi mobil matic bisa aus.

Namun apakah faktanya saat memanaskan mobil matic sebaiknya tuas transmisi berada di posisi N atau P?

Saat tuas transmisi mobil kalian ada di posisi P, maka lock output shaft akan jadi terkunci dengan sendirinya. Dan saat transmisi dipindahkan ke N, maka shaft tersebut akan terlepas. Pada mobil matic, pompa oli akan bekerja langsung selaras dengan putaran pada mesin.

Ketika kalian menyalakan mesin mobil, pompa oli juga akan ikut bekerja, selain itu tekanan oli juga mulai gerak untuk melumasi kampas dan komponen-komponen lain. Sehingga secara garis besar tidak begitu ada kaitannya memanaskan mobil matic, tuas berada di posisi N atau P. Karena dengan semakin canggihnya mobil saat ini, pada dasarnya kalian tidak perlu memanaskan mobil pada waktu yang lama, kalian tidak perlu menyalakan dan menunggu oli mesin bekerja. Kalian juga bisa langsung menjalankan mobil begitu langsung menyala.

Namun, MinHo sarankan saat kalian ingin memanaskan mesin mobil matic, sebaiknya posisi tuas transmisi berada pada posisi P. Hal ini berkaitan dengan proses keselamatan saat kalian tidak sengaja menyenggol tuas, karena jika kalian posisikan tuas berada di N kemudian tidak mengaktifkan rem tangan, maka saat tersenggol mobil bisa menjadi maju.

Transmisi mobil pada tuas transmisi P tidak akan menghalangi proses pelumasan mobil, justru akan membuat mobil sulit bergerak karena ada daya cengkram pada sistem transmisi.

Jika kalian butuh pertolongan atau ingin melakukan perawatan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor