Menggoyang Mobil Saat Isi Bensin Bikin Hemat? Fakta?

Post, 10 April 2024

View: 
35

Di antara para pengendara, terdapat kebiasaan menggoyangkan mobil saat mengisi bensin dengan tujuan agar bensin dapat mengisi ruang-ruang kosong di dalam tangki hingga penuh. Apakah benar demikian?

Penjelasan:

Menggoyangkan mobil saat isi bensin tidak terbukti dapat menghemat bensin. Tangki bensin modern didesain dengan sistem ventilasi yang memungkinkan udara keluar saat bensin masuk. Hal ini memastikan tangki terisi penuh tanpa perlu menggoyangkan mobil.

Malahan, menggoyangkan mobil saat isi bensin dapat membahayakan:

  • Resiko bensin tumpah: Bensin yang tumpah dapat terbakar dan membahayakan keselamatan Anda dan orang lain di sekitar SPBU.
  • Kerusakan pada sistem pemompaan: Getaran akibat menggoyangkan mobil dapat merusak sistem pemompaan di SPBU.
  • Ketidakakuratan pengukuran: Menggoyangkan mobil dapat mengganggu sensor pengukuran di pompa bensin, sehingga Anda berisiko membayar lebih banyak untuk bensin yang tidak Anda terima.

 

Baca juga: Menggoyang Mobil Saat Isi Bensin Bikin Hemat? Fakta?

 

Tips untuk mengisi bensin dengan hemat:

  • Matikan mesin mobil: Mematikan mesin mobil saat mengisi bensin dapat menghemat bensin dan mengurangi risiko kebakaran.
  • Hindari mengisi bensin saat tangki hampir kosong: Mengisi bensin saat tangki hampir kosong dapat menyebabkan udara masuk ke dalam tangki dan bercampur dengan bensin, sehingga dapat membuat mesin mobil brebet.
  • Pilih waktu yang tepat: Hindari mengisi bensin saat cuaca panas karena bensin dapat menguap lebih cepat.
  • Perhatikan tekanan ban: Pastikan tekanan ban sesuai dengan spesifikasi mobil Anda untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Kesimpulan:

Menggoyangkan mobil saat isi bensin tidak terbukti dapat menghemat bensin dan malah dapat membahayakan. Lakukan tips-tips di atas untuk mengisi bensin dengan hemat dan aman.

@copyright PT Prospect Motor